4 Cara mengencangkan kulit wajah memakai bahan alami

Selasa, 04 Mei 2021 | 09:16 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengencangkan kulit wajah memakai bahan alami

ILUSTRASI. Mentimun adalah salah satu bahan alami yang bisa Anda pakai sebagai cara mengencangkan kulit wajah.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seiring bertambahnya usia, kulit wajah dan bagian kulit yang lain akan mengendur. Meski tak berbahaya, hal itu bisa mengganggu penampilan Anda. Jika Anda mengalami hal itu, ada banyak cara mengencangkan kulit wajah yang bisa Anda coba.

Kondisi kulit Anda dipengaruhi oleh dua jenis protein, yaitu kolagen dan elastin. Nah, sebenarnya tidak hanya usia yang berpengaruh pada keberadaan dua protein itu. Polusi, zat beracun, dan paparan sinar matahari adalah beberapa faktor yang bisa merusak keberadaan kolagen dan elastin.

Akibatnya, kulit menjadi kendur dan tidak kencang. Tanda penuaan dan masalah kulit lain juga bisa muncul. Untuk menghindari kondisi yang lebih parah, cobalah beberapa tips awet muda ini. Dengan melakukannya secara rutin, kondisi kesehatan kulit Anda akan terjaga.

Mentimun

Mengutip dari Power of Positivity (powerofpositivity.com), mentimun bisa Anda manfaatkan untuk menjaga kondisi kulit Anda. Caranya, haluskan ½ mentimun dengan blender lalu saring supaya Anda bisa mendapat ekstraknya. Aplikasikan ekstrak mentimun pada wajah selama 15 menit lalu bilas dengan air.

Baca Juga: 3 Masker putih telur ini sesuai dengan kebutuhan Anda

Kopi, Kayu Manis, Minyak Kelapa, Brown Sugar

Tahukah Anda bahwa kopi bisa dipakai sebagai cara mengencangkan kulit wajah? Antioksidan yang terdapat dalam opi mampu mengencangkan kulit wajah dan menyamarkan tanda-tanda penuaan. Tidak hanya itu, kopi juga bisa membersihkan sel kulit mati yang menumpuk.

Untuk mendapat manfaat itu, Anda perlu mencampur ¼ gelas bubuk kopi, ½ sdt kayu manis, 2 sdm minyak kelapa, dan ¼ gelas brown sugar. Setelah teraduk rata, gosokkan pada kulit dengan gerakan memutar selama dua hingga tiga menit lalu bilas dengan air hangat.

Madu dan Minyak Zaitun

Power of Positivity merekomendasikan madu dan minyak zaitun sebagai cara awet muda berikutnya yang patut Anda coba. Bahan alami tersebut mengandung banya antioksidan dan mampu melembabkan kulit secara optimal.

Cara mengencangkan kulit wajah yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, campur 3 sdt madu dengan 3 tetes minyak zaitun. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada wajah lalu diamkan dulu selama minimal 15 menit. Selanjutnya, bilas dengan air hangat.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan stretch mark, bisa pakai bahan alami

Madu dan Putih Telur

Madu dan bahan alami lain bisa Anda gunakan sebagai cara mengencangkan kulit wajah.

Kombinasi bahan alami lainnya yang efektif digunakan sebagai cara mengencangkan wajah adalah madu dan putih telur. Albumin yang ada dalam putih telur berpengaruh pada elastisitas dan regenerasi sel kulit. Dengan pemakaian teratur, kulit wajah Anda juga terlihat lebih cerah.

Anda hanya perlu mencampur 1 putih telur dengan 2 sdm madu. Aduk hingga rata lalu aplikasikan pada kulit Anda. Diamkan dulu selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat. Usahakan untuk melakukannya secara teratur untuk mendapat hasil yang maksimal.

Selanjutnya: Coba 4 cara menghilangkan bruntusan secara alami ini, yuk

Editor: Belladina Biananda
Terbaru