4 Cara menghilangkan bau badan ini mudah dipraktikkan, lo

Selasa, 21 September 2021 | 09:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menghilangkan bau badan ini mudah dipraktikkan, lo

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memiliki bau badan memang suatu hal yang normal. Namun, hal itu bisa jadi masalah apabila bau badan yang Anda keluarkan berbau menyengat dan tak sedap. Supaya Anda tetap nyaman melakukan aktivitas, cara menghilangkan bau badan perlu segera Anda praktikkan.

Bau badan tak sedap muncul saat keringat bercampur dengan bakteri. Beberapa bagian tubuh yang jadi tempat berkumpul keringat pun berpotensi mengeluarkan bau badan yang tidak sedap, misalnya ketiak atau kaki.

Selain aktivitas yang sedang Anda lakukan, masih banyak faktor lain yang menyebabkan produksi keringat meningkat sehingga lebih berpotensi terkontaminasi bakteri. Mulai dari perubahan hormon, makanan dan minuman yang Anda konsumsi, atau kondisi kesehatan tertentu.

Sebagai langkah awal, Anda bisa memakai deodoran atau antipersperan. Menggunakan sabun antibakteri juga bisa Anda jadikan pilihan. Tak hanya itu, ada beberapa bahan alami yang disarankan Netmeds.com supaya bau badan yang keluar tak berbau.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan bau ketiak, bisa pakai lemon, lo

Tomat

Bahan alami pertama yang dapat Anda gunakan adalah tomat. Jenis buah itu mengandung antioksidan dan astringen alami yang efektif mengurangi keringat dan bakteri di permukaan kulit. Anda hanya perlu mengoleskan cuka apel yang telah dicampur air di ketiak dan bagian tubuh lain.

Baking Soda

Baking soda tak boleh ketinggalan dari daftar bahan yang dapat digunakan sebagai cara menghilangkan bau badan. Beberapa kandungan dalam baking soda mampu menetralkan keasaman yang terkandung dalam keringat sehingga bau badan tak sedap pun dapat berkurang.

Caranya sangat mudah. Pertama, campur baking soda dan sedikit air sampai teksturnya berubah menjadi pasta. Aplikasikan pasta itu di ketiak untuk mengurangi produksi keringat. Usahakan untuk melakukannya secara rutin supaya mendapat hasil yang optimal.

Baca Juga: Mudah dipraktikkan, ini 4 cara menghilangkan bau badan

Teh Hijau

Bahan alami selanjutnya yang direkomendasikan Netmeds.com adalah teh hijau. Antioksidan dalam bahan alami itu bisa melawan bau tak sedap. Tak hanya bau yang keluar dari ketiak, teh hijau pun efektif mengurangi bau kaki.

Pertama, rendam kantung teh hijau dalam air hangat. Setelah benar-benar terendam, aplikasikan kantung teh hijau itu pada ketiak atau kaki selama masing-masing lima menit. Nantinya, aktivitas kelenjar keringat menjadi lebih terkontrol sehingga produksi keringat pun berkurang.

Cuka Apel

Memakai cuka apel bisa jadi cara menghilangkan bau badan.

Cara menghilangkan bau badan yang sebaiknya tidak Anda lupakan adalah memanfaatkan cuka apel. Jenis cuka itu dipenuhi dengan asam asetat yang mampu melawan mikroba beracun di tubuh. Pertama, encerkan cuka apel terlebih dahulu. Selanjutnya, aplikasikan di ketiak menggunakan kapas.

Selanjutnya: Bau ketiak bikin tak percaya diri, hilangkan dengan 5 cara ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru