Bau ketiak bikin tak percaya diri, hilangkan dengan 5 cara ini

Selasa, 07 September 2021 | 16:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bau ketiak bikin tak percaya diri, hilangkan dengan 5 cara ini


KESEHATAN - JAKARTA. Hampir semua orang memiliki bau badan. Sayangnya, beberapa orang memiliki bau badan yang tidak sedap sehingga mengganggu aktivitas sehari-hari. Anda tak perlu khawatir jika mengalami masalah tersebut karena ada banyak cara menghilangkan bau ketiak.

Melansir Thompson Tee (thompsontee.com), penyebab bau badan adalah bercampurnya bakteri pada keringat yang Anda produksi. Nah, ada beberapa faktor yang memicu kontaminasi tersebut. Mulai dari makanan yang Anda konsumsi, gangguan pada sistem pencernaan, atau penyakit yang lain.

Supaya cara menghilangkan bau badan bisa efektif, Anda perlu mengetahui penyebabnya. Maka dari itu, tak ada salahnya untuk membicarakan masalah Anda dengan dokter. Bisa saja bau badan menyengat terjadi karena ada penyakit yang membutuhkan perawatan medis.

Selain berkonsultasi dengan dokter, ada banyak cara lain yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau ketiak. Mulai dari memanfaatkan bahan alami, menjaga kebersihan diri, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Ini 7 bahan alami yang cocok dijadikan pemutih badan

Manfaatkan Lemon

Zat asam tinggi yang terkandung dalam lemon mampu menyeimbangkan pH kulit. Dengan begitu, bakteri yang memicu bau badan bisa berkurang. Cara menghilangkan bau ketiak dengan lemon cukup mudah untuk dilakukan.

Pertama, gosokkan separuh lemon pada ketiak. Jika Anda memiliki tipe kulit sensitif, jangan lupa untuk mencampur lemon dengan air terlebih dahulu, ya. Lakukan langkah tersebut setiap hari untuk mendapat hasil maksimal.

Hindari Konsumsi Ikan

Cara menghilangkan bau badan secara alami selanjutnya adalah dengan menghindari konsumsi ikan. Kolin atau salah satu jenis vitamin B merupakan nutrisi yang yang membuat ikan berbau amis. Nah, setelah mengonsumsi jenis makanan itu, bukan tidak mungkin tubuh Anda mengeluarkan bau yang kurang sedap.

Hilangkan Bulu Ketiak

Thompson Tee mengatakan bahwa bulu ketiak bisa jadi salah satu faktor yang memperparah infeksi bakteri. Maka dari itu, Anda perlu menghilangkan bulu ketiak untuk menghilangkan bau badan. Bulu ketiak bisa Anda bersihkan dengan mencukurnya, memanfaatkan bahan alami, waxing, atau cara lain.

Baca Juga: 8 Cara menghilangkan bau ketiak secara alami

Gunakan Cuka Apel

Salah satu manfaat cuka apel adalah digunakan sebagai cara menghilangkan bau ketiak.

Bahan alami lain yang bisa Anda gunakan sebagai penghilang bau badan adalah cuka apel. Zat asam yang terdapat dalam jenis cuka itu efektif digunakan sebagai antimikroba. Dengan pemakaian rutin, cuka apel akan menetralkan kulit ketiak sehingga bau badan dapat hilang.

Caranya, aplikasikan cuka apel pada kulit ketiak menggunakan kapas. Lakukan langkah tersebut sebanyak dua kali sehari. Sama seperti lemon, Anda bisa mencampur cuka apel dengan air jika memiliki tipe kulit sensitif.

Rajin Mandi

Cara menghilangkan bau ketiak lainnya yang tak boleh terlewat adalah rajin mandi. Usahakan untuk mandi minimal satu kali dalam sehari. Jangan lupa untuk memakai sabun antibakteri sehingga bau badan bisa hilang dengan lebih cepat.

Selanjutnya: 5 Penyebab ketiak menghitam, apa saja?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru