4 Cara mengusir cicak ini punya hasil efektif, lho

Rabu, 24 November 2021 | 14:34 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara mengusir cicak ini punya hasil efektif, lho

ILUSTRASI. Memakai bawang putih termasuk salah satu cara mengusir cicak.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Cicak memang tidak terlalu beracun dan membahayakan. Namun, kemunculan hewan itu bisa membuat Anda jijik. Cara mengusir cicak pun perlu segera Anda lakukan supaya cicak tak lagi mengganggu kebersihan tempat tinggal Anda.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan supaya cicak hilang adalah dengan selalu menjaga kebersihan rumah. Usahakan untuk membersihkan tempat sampah secara teratur. Segera bersihkan sisa makanan yang tercecer agar tak mengundang minat cicak.

Apabila Anda memiliki sisa makanan atau minuman yang belum dikonsumsi, pastikan untuk menutupnya dengan rapat supaya cicak tak ke sisa makanan atau minuman tersebut. Jika hal-hal itu sudah Anda lakukan, tapi cicak tetap datang, cobalah untuk mencoba beberapa cara di bawah ini.

Bawang Putih dan Bawang Merah

Livspace (livspace.com) merekomendasikan Anda untuk memakai bawang putih atau bawang merah sebagai pengusir cicak. Anda bisa meletakkan beberapa siung bawang putih dan bawang merah di sudut rumah. Aroma bawang putih dan bawang merah yang menyengat tidak disukai oleh cicak.

Baca Juga: 5 Bahan terbaik ini cocok jadi cara mengusir nyamuk

Kulit Telur

Salah satu cara mengusir cicak adalah memakai kulit telur.

Kulit telur ternyata masih memiliki manfaat, lho, yaitu digunakan sebagai salah satu cara mengusir cicak. Sama seperti poin sebelumnya, cicak tidak menyukai aroma yang ada di kulit telur sehingga enggan untuk menyerang rumah Anda.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat sederhana. Anda tidak perlu mencuci kulit telur, cukup keringkan saja sisa makanan itu. Setelah itu, tempatkan kulit telur di beberapa sudut rumah supaya cicak tak berani datang.

Baca Juga: 4 cara mengusir lalat, efektif dan mudah dilakukan

Bulu Burung Merak

Melansir Livspace, bulu burung merak ternyata bisa jadi pengusir cicak. Burung merak adalah preator alami cicak sehingga menempatkan bulu merak di sekitar rumah cukup efektif untuk mengusir cicak. Selain efektif, menggunakan bulu burung merak juga cukup aman untuk Anda lakukan.

Lada Hitam

Lada hitam dapat dimanfaatkan sebagai cara mengusir cicak.

Cara mengusir cicak berikutnya yang bisa Anda praktikkan adalah dengan memakai lada hitam. Pertama, campur lada hitam dan air dalam sebuah semprotan. Semprotkan air lada hitam itu di sekitar rumah sehingga memunculkan reaksi alergi pada cicak, jadi cicak tidak berani datang ke rumah.

Baca Juga: Lavender hingga sereh, ini 6 bahan alami pengusir nyamuk

Selanjutnya: Ingin radang tengorokan cepat sembuh? Hindari konsumsi makanan dan minuman ini

Editor: Belladina Biananda
Terbaru