4 Cara meningkatkan oksigen dalam darah, Anda bisa coba

Jumat, 10 September 2021 | 18:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara meningkatkan oksigen dalam darah, Anda bisa coba

KONTAN.CO.ID - Ada banyak fungsi oksigen dalam tubuh, seperti menambah energi dan menurunkan stres. Sayang, ada beberapa orang memiliki jumlah oksigen yang sedikit. Nah, cara meningkatkan oksigen ini bisa Anda praktikkan.

Jika tubuh kekurangan oksigen dalam jangka waktu yang lama, ada banyak dampak buruk yang muncul. Darah menjadi lebih kotor dan beracun sehingga mengganggu sistem tubuh secara menyeluruh. Akibatnya, tubuh jadi lebih rentan penyakit.

Jane’s Healthy Kutchen menyebutkan, ada beberapa faktor yang menyebabkan jumlah oksigen dalam tubuh menurun. Contohnya, kurang olahraga, stres, berada di dataran tinggi, dan masalah kesehatan tertentu yang Anda miliki.

Beberapa cara berikut ini bisa langsung Anda praktikkan supaya jumlah oksigen dalam tubuh terpenuhi. Namun, usahakan untuk tetap membicarakan kondisi Anda dengan dokter, supaya dampak cara-cara di bawah ini bisa maksimal:

Baca Juga: 4 Tahap gagal jantung yang bisa terjadi, jangan anggap enteng

Hindari dehidrasi

Cara meningkatkan oksigen dalam darah pertama yang wajib Anda lakukan adalah dengan minum banyak air putih. Selain itu, minum buah dan sayur yang mengandung banyak air juga bisa Anda jadikan pilihan.

Selain menghindarkan tubuh dari dehidrasi, buah dan sayur juga mengandung banyak nutrisi. Anda bisa mengonsumsi buah dan sayur secara langsung atau mengolahnya dulu jadi smoothie.

Tapi, pastikan untuk tidak menambahkan pemanis buatan, ya. Dengan begitu, manfaat buah dan sayur bisa terserap maksimal.

Rajin olahraga

Salah satu penyebab menurunnya jumlah oksigen dalam tubuh adalah karena Anda kurang olahraga. Maka dari itu, usahakan untuk melakukan aktivitas fisik itu secara rutin supaya distribusi oksigen lebih optimal.

Cobaah untuk rutin olahraga secara perlahan. Jane’s Healthy Kitchen merekomendasikan Anda untuk olahraga minimal tiga kali dalam seminggu.

Usahakan untuk tidak langsung memaksa tubuh melakukan olahraga dengan intensitas berat. Alhasil, tubuh memiliki banyak waktu untuk beradaptasi.

Baca Juga: Inilah ciri-ciri serangan jantung ringan selain nyeri dada

Perhatikan asupan zat besi

Rutin mengomsunsi sumber zat besi, seperti kacang merah, bisa jadi cara meningkatkan oksigen dalam darah.

Cara meningkatkan oksigen dalam darah selanjutnya adalah dengan memerhatikan asupan zat besi. Pada umumnya, Anda membutuhkan 8-18 mg zat besi per hari.

Beberapa jenis makanan yang bisa Anda gunakan sebagai sumber zat besi adalah ikan, kerang, daging, kacang merah, dan kacang mede.

Kontrol pH tubuh

PH tubuh yang terlalu rendah mengakibatkan berkurangnya jumlah oksigen dalam tubuh. Makanya, penting bagi Anda untuk mengontrol pH tubuh.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi jenis makanan yang mengandung alkalin, seperti buah dan sayur.

Selanjutnya: Cara mengenali serangan jantung ringan, cermati 8 ciri-ciri berikut

Editor: Belladina Biananda
Terbaru