4 Cara menurunkan berat badan secara alami

Senin, 28 Juni 2021 | 18:55 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Cara menurunkan berat badan secara alami


KESEHATAN - JAKARTA. Jangan berkecil hati jika berat badanmu di atas normal. Berikut cara menurunkan berat badan secara alami.

Menurunkan berat badan tak hanya berpengaruh pada penampilan. Memiliki berat badan ideal juga mampu menurunkan risiko berbagai macam penyakit sehingga kesehatan dapat terjaga. Untuk mendapat hasil maksimal, ada banyak tips menurunkan berat badan untuk Anda.

Perlu diingat bahwa menurunkan berat badan tak bisa dilakukan hanya dalam waktu singkat. Anda perlu disiplin menerapkan menerapkan pola hidup sehat supaya tak ada masalah kesehatan baru yang muncul akibat program diet ekstrem.

Dalam artikel ini, Anda bisa mendapat banyak tips yang dapat Anda praktikkan. Meski demikian, sebaiknya Anda tetap berkonsultasi dengan dokter, ya. Apalagi jika Anda masih merasa bingung untuk mempraktikkan cara diet yang mana.

Rajin Olahraga

Mengutip dari Medical News Today (medicalnewstoday.com), rajin olahraga jadi salah satu hal penting untuk mendapat berat badan ideal. Cobalah untuk olahraga selama minimal 150 menit dalam satu minggu.

Jika Anda belum terbiasa untuk berolahraga, tak ada salahnya untuk meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari. Misalnya, memilih menggunakan tangga, berkebun, melakukan permainan di luar ruangan, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Tips mengatur pola makan yang sehat untuk penderita diabetes tipe 1 dan 2

Konsumsi Makanan Bergizi

Tips menurunkan berat badan selanjutnya yang tak boleh terlewat adalah mengonsumsi makanan-makanan bergizi. Cobalah untuk mengisi menu makan berat dengan 50% buah dan sayur, 25% biji-bijian utuh, dan 25% utuh.

Jangan lupa untuk mengonsumsi 25 g hingga 30 g serat per hari supaya berat badan ideal bisa tercapai. Selain itu, batasi konsumsi beberapa jenis makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh. Selain berpengaruh pada berat badan, jenis makanan itu juga tak baik untuk kesehatan jantung.

Batasi Konsumsi Kalori

Tips menurunkan berat badan lainnya yang direkomendasikan Medical News Today adalah dengan membatasi asupan kalori. Cobalah untuk mengurangi konsumsi minuman bersoda, jus, atau alkohol. Beberapa jenis makanan itu dipenuhi kalori, tapi tidak mengandung banyak nutrisi.

Alih-alih mengonsumi beberapa jenis minuman tersebut, Anda bisa mengonsumsi kopi atau teh tanpa gula, air putih, atau infused water. Infused water adalah air putih yang dicampur dengan buah atau sayur segar supaya rasanya lebih lezat.

Baca Juga: 4 Olahraga menurunkan berat badan ini perlu Anda coba

Buat Jurnal

Cara menurunkan berat badan berikutnya yang bisa Anda coba adalah dengan membuat jurnal. Catatlah indeks masa tubuh, berat badan, dan makanan serta minuman yang Anda konsumsi sehari-hari. Dengan begitu, proses menurunkan berat badan menjadi lebih terkontrol.

Selanjutnya: Olahraga hingga minum air, ini 7 cara menurunkan gula darah secara alami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru