4 Cara Paling Tokcer Turunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun

Jumat, 11 November 2022 | 07:25 WIB Sumber: Kompas.com
4 Cara Paling Tokcer Turunkan Berat Badan di Usia 40 Tahun

ILUSTRASI. Di usia 40 metabolisme tubuh menurun, sehingga membuat sebagian orang lebih sulit menurunkan berat badannya. Tribun Jateng/Hermawan Handaka


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ungkapan Life begin at 40 tentu muncul bukan tanpa alasan. Memasuki usia 40 tahun, seseorang cenderung lebih bijaksana dalam berpikir dan bertindak, lebih sadar diri, dan lebih percaya diri. 

Dari segi fisik, kemungkinan ada beberapa perubahan fisik. Apalagi, di usia 40 metabolisme tubuh menurun, sehingga membuat sebagian orang lebih sulit menurunkan berat badannya saat angka di timbangan naik. 

Tapi sebenarnya, menurunkan berat badan di usia 40 bukan hal mustahil. Ahli gizi dan penulis buku nutrisi terlaris New York Times, Cynthia Sass, MPH, RD, mengungkap empat cara terbaik menurunkan berat badan di usia 40. 

 

1. Jangan konsumsi makanan diet 

Sass mengatakan, banyak orang terjebak dalam pola piker penurunan berat badan yang ketinggalan zaman, dengan mengonsumsi produk atau makanan diet. 

“Makanan diet adalah produk olahan tinggi yang dibuat dengan bahan kimia buatan, yang direkayasa agar lebih rendah kalori, karbohidratm gula, atau lemak. Jadi, lebih baik segera hentikan,” ujar Sass. 

Selain tidak mengenyangkan, makanan diet dapat merusak nafsu makan, memicu peradangan, mengubah bakteri sehat di usus yang terkait dengan manajemen berat badan, dan membebani system kekebalan. 

Penelitian juga menunjukkan, bahwa beralih dari makanan olahan ke makanan utuh meningkatkan pembakaran kalori. Artinya, makan makanan asli dapat membantu Anda menurunkan berat badan, bahkan tanpa memotong asupan kalori Anda. 

Baca Juga: Makanan dan minuman yang baik serta buruk dikonsumsi penderita asam urat

Alih-alih mengonsumsi makanan beku rendah kalori, pilihlah sup ayam yang hangat dan salad dengan topping alpukat. 

“Sebagai pengganti beberapa kue kering, ambil irisan apel atau beberapa kotak cokelat hitam berkualitas tinggi,” katanya. 

Penurunan berat badan yang sehat dan berkelanjutan bukanlah tentang diet. Pendekatan diet biasanya akan menyebabkan berat badan yoyo yang akhirnya menjadi bumerang. 

Cara terbaik menurunkan berat badan adalah menerapkan mentalitas keseimbangan, artinya tidak makan terlalu sedikit atau makan berlebihan. Fokus pada nutrisi, bukan pembatasan. 

Baca Juga: Anda berusia 40 tahun ke atas? Hindari 10 makanan tak sehat ini

“Ini mungkin tampak membosankan, dan tak bisa menunjukkan hasil yang cepat. Tapi cara itu paling baik secara fisik maupun emosional, dan pendekatan ini dapat dipertahankan jangka panjang.” 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru