4 Jurus Menata Balkon Rumah agar Cantik dan Nyaman!

Minggu, 29 Mei 2022 | 07:00 WIB   Reporter: Kania Paramahita
4 Jurus Menata Balkon Rumah agar Cantik dan Nyaman!


KONTAN.CO.ID - Jika Anda tinggal di rumah bertingkat, pastinya sudah tidak asing dengan keberadaan balkon.

Selain meningkatkan estetika suatu rumah, balkon juga memiliki beberapa manfaat, lo. Salah satunya adalah membantu memperluas area rumah, sehingga Anda memiliki tambahan ruang untuk beraktivitas.

Aktivitas yang bisa dilakukan di balkon pun cukup beragam, mulai dari bersantai sambil menikmati teh atau membaca buku, hingga menjemur baju dan menyimpan berbagai barang tak terpakai.

Nah, supaya Anda semakin nyaman beraktivitas di balkon, tentunya area tersebut perlu didekorasi dan ditata dengan baik layaknya bagian rumah yang lain. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Jangan didekorasi berlebihan

Seperti mendekorasi rumah pada umumnya, kunci utama untuk mendekorasi balkon adalah dengan tidak melakukannya secara berlebihan.

Dikutip dari laman One Greenway Boston, hindari menggunakan terlalu banyak furnitur dan dekorasi, apalagi menggunakan furnitur berukuran besar. Hal ini akan membuat balkon terasa sempit dan penuh, sehingga mengurangi ruang gerak Anda.

Daripada menggunakan furnitur dan dekorasi berukuran besar, lebih baik gunakan beberapa furnitur berukuran kecil. Anda pun akan merasa lebih nyaman beraktivitas di balkon.

Gunakan furnitur yang bisa dilipat

Selain menggunakan furnitur kecil, Anda juga bisa menggunakan furnitur seperti meja dan kursi yang bisa dilipat.

Furnitur lipat bisa menjadi pilihan jika Anda memiliki balkon yang sempit, karena furnitur seperti ini bisa disingkirkan dan disimpan dengan mudah jika sedang tidak digunakan. Jadi, balkon Anda pun tidak terlihat penuh setiap saat.

Baca Juga: 6 Tips Nyaman Tinggal di Rumah Kontrakan, Mudah Dilakukan!

Manfaatkan bidang vertikal di balkon

Ketika mendekorasi balkon yang cenderung kecil dan sempit, pastikan Anda memanfaatkan setiap senti dari balkon tersebut, termasuk bidang vertikal seperti pagar dan dinding di sekitarnya.

Pagar dan dinding di balkon bisa dihiasi dengan berbagai barang, mulai dari tanaman hias, lampu, hingga pernak-pernik seperti artwork dan makrame. Sama seperti furnitur, pastikan dekorasinya tidak terlalu banyak supaya tidak terkesan penuh dan ramai.

Segarkan dengan tanaman hias

Dilansir dari laman Cleanipedia, tanaman hias bisa dimanfaatkan untuk menghias sekaligus menyegarkan balkon.

Selain itu, balkon merupakan tempat yang cocok untuk memajang koleksi tanaman hias karena balkon biasanya menerima banyak sinar matahari yang baik untuk menutrisi tanaman. Gunakan tanaman hias kesukaan Anda dengan berbagai ukuran dan tempatkan di beberapa sudut, misalnya di sepanjang pagar atau bahkan gantung di dinding.

Itulah tips-tips yang bisa dilakukan untuk mendekorasi dan menata balkon. Semoga bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru