4 Macam Jenis Olahan Telur dan Cara Memasaknya, Bisa Jadi Alternatif Masakan

Senin, 20 November 2023 | 15:31 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
4 Macam Jenis Olahan Telur dan Cara Memasaknya, Bisa Jadi Alternatif Masakan

ILUSTRASI. 4 Macam Jenis Olahan Telur dan Cara Memasaknnya, Bisa Jadi Alternatif Masakan. (dok/The Adventure Bite)


Jenis Olahan Telur -  Telur adalah salah satu sumber protein hewani yang relatif terjangkau namun mengandung nutrisi yang tinggi. 

Bahan ini bisa menjadi alternatif pilihan protein yang ramah kantong untuk menunjang pertumbuhan anak bahkan membantu menurunkan berat badan. 

Melansir situs resmi Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, ada beberapa jenis olahan telur yang bisa Anda coba.  

Teknik olahan tersebut dipelajari oleh siswa Jurusan agar menghasilkan hidangan yang sempurna baik untuk dunia kerja tetapi juga untuk sehari-hari. 

Berikut ini beberapa macam olahan telur yang perlu Anda ketahui, dari Lintang Maulidiyah selaku Ketua Jurusan Kuliner SMK PGRI 2 Kudus, dirangkum dari situs Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek

Baca Juga: Langkah Mudah Mengurus STNK yang Hilang, Dokumen Persyaratan, & Biaya Buat STNK Baru

Telur goreng atau fried egg

Telur goreng merupakan jenis olahan telur yang sangat mudah dibuat dan banyak digemari masyarakat.  

Terdapat berbagai macam telur goreng, mulai dari telur dadar, telur mata sapi, bahkan ada juga bervariasi dengan telur gulung. 

Sesuai namanya, olahan telur ini menggunakan minyak dan digoreng dengan suhu tertentu. 

Telur rebus atau boiled egg

Olahan telur selanjutnya yang bisa menjadi alternatif masakan dari bahan ini adalah telur rebus. Jenis olahan ini juga merupakan jenis olahan yang paling rendah kalori. 

Titik kematangan telur rebus berbeda-beda setiap menitnya. Lintang membagikan tips merebus telur sesui dengan tingkat kematangannya, yakni.

  • Telur rebus sempurna membutuhkan waktu 10—12 menit. 
  • Telur rebus setengah matang membutuhkan waktu sekitar 7 menit. 

Setelah direbus, telur harus langsung diangkat dan didiamkan menggunakan air dingin agar tidak overcook (terlalu matang). Telur rebus juga bisa divariasikan dengan menggunakan berbagai bumbu, misal bumbu balado.

Baca Juga: Dokumen dan Cara Membuat SKCK Online di Skck.polri.go.id, Tak Perlu Datang ke Polres

Onsen egg

Bagi penggemar ramen atau mi, maka Anda mungkin tidak asing dengan olahan telur jenis ini. 

Onsen egg atau sering disebut onsen tamago adalah cara khusus mengolah telur yang berasal dari Jepang. Cara membuatnya ialah dengan dikukus (steam) selama 15 menit dengan suhu 70 derajat Celcius.

Telur apung atau poached egg

Poached egg merupakan telur rebus yang tanpa cangkang, artinya telur ceplok rebus. Meskipun terlihat mudah teknik rebus telur ini tidak bisa sembarang 

Jika Anda ingin menghasilkan telur yang cantik. Lintang membagikan tip agar poached egg tidak berantakan yaitu dengan menambahkan cuka di air rebusan. 

Setelah cuka dan air rebusan mendidih, barulah memecahkan telur dengan hati-hati. Tunggu sampai 4 menit maka telur akan tetap bulat sempurna dan tidak berantakan. Hingga akhirnya siap untuk disajikan dengan hidangan lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru