4 Manfaat daun pepaya, bisa mencerahkan kulit

Selasa, 04 Mei 2021 | 18:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Manfaat daun pepaya, bisa mencerahkan kulit

KONTAN.CO.ID - Ada banyak manfaat daun pepaya yang bisa Anda dapat. Hal itu berasal dari kandungan daun pepaya yang baik untuk kesehatan tubuh Anda. Mulai dari vitamin A, vitamin C, kalsium, hingga nutrisi penting lainnya.

Anda perlu menumbuk daun pepaya hingga halus untuk mendapat ekstraknya. Gunakan ekstrak itu untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsinya dengan mencampur ekstrak daun pepaya dan air terlebih dahulu.

Tidak hanya itu, daun pepaya juga bisa Anda kombinasikan dengan bahan alami lain dalam bentuk salad. Cobalah untuk mengonsumsinya secara rutin supaya manfaat-manfaat ini bisa Anda dapat. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda bisa terjaga.

Mencerahkan kulit

Tahukah Anda bahwa daun pepaya bisa mencerahkan warna kulit? Mengutip dari Stylecraze, daun pepaya mengandung banyak antioksidan, vitamin C, dan vitamin A. Kandungan itu mampu melawan radikal bebas sehingga aliran darah di kulit menjadi lebih lancar.

Selain mencerahkan warna kulit, daun pepaya juga mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit. Mulai dari jerawat, komedo, dan tidak terkecuali tanda penuaan dini. Untuk mendapat manfaat itu, cobalah memakai daun pepaya secara rutin.

Baca Juga: Khasiat daun pepaya bagi kesehatan, menurunkan gula darah, hingga bagus untuk liver

Mengatasi masalah pencernaan

Khasiat daun pepaya juga baik untuk kesehatan sistem pencernaan Anda, lo. Dengan mengonsumsi daun pepaya, perut kembung, sembelit, heartburn, dan masalah lain bisa teratasi secara optimal.

Tidak hanya itu, serat yang terkandung dalam daun pepaya juga bisa meningkatkan nafsu makan.

Menghilangkan ketombe

Salah satu manfaat daun pepaya adalah menghilangkan ketombe.

Manfaat daun pepaya berikutnya yang tidak boleh Anda lewatkan adalah bahan alami mampu menghilangkan ketombe dan rasa gatal. Cobalah untuk mengaplikasikan ekstrak daun pepaya di kulit kepala dan seluruh area rambut.

Selain membersihkan kotoran, daun pepaya juga mampu mengontrol produksi minyak kulit.

Baca Juga: Sangat kaya vitamin dan serat, manfaat jambu biji untuk kesehatan mengagumkan

Obat demam berdarah dengue

Jadi obat demam berdarah dengue adalah manfaat daun pepaya lainnya yang bisa Anda dapat. Stylecraze merekomendasikan Anda untuk minum 25 ml jus daun pepaya sebanyak dua kali sehari.

Dengan begitu, jumlah trombosit akan bertambah dan tingkat keparahan penyakit bisa berkurang.

Meski memiliki banyak manfaat, Anda juga perlu mewaspadai efek samping daun pepaya. Usahakan untuk tidak mengonsumsi daun pepaya dalam jumlah yang berlebihan. Apalagi saat Anda sedang hamil atau memiliki alergi tertentu.

Selanjutnya: 6 Buah yang bisa membuat kulit bercahaya dan kenyal

Editor: Belladina Biananda
Terbaru