4 Masker Rambut Alami Ini Bisa Anda Buat Sendiri, Lho

Kamis, 23 Desember 2021 | 09:31 WIB   Penulis: Belladina Biananda
4 Masker Rambut Alami Ini Bisa Anda Buat Sendiri, Lho

ILUSTRASI. Ada banyak bahan yang bisa Anda olah menjadi masker rambut alami.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memakai masker rambut alami adalah salah satu cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi berbagai macam masalah. Mulai dari rambut rontok, rambut bercabang, rambut kering, dan lain sebagainya.

Umumnya, masalah rambut diakibatkan oleh penggunaan alat penata rambut dengan suhu yang panas, paparan sinar matahari berlebih, dan penggunaan produk berbahan dasar kimia. Cobalah untuk menghindari penyebab-penyebab itu agar kondisi rambut menjadi lebih baik.

Selain itu, manfaatkan bahan-bahan alami di sekitar Anda untuk memperbaiki kondisi rambut. Kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang ada dalam bahan alami cukup efektif mengatasi berbagai macam masalah rambut dan kulit kepala Anda.

Minyak Kelapa, Cuka Apel, dan Madu

Selain dikombinasikan dengan telur, Good House Keeping (goodhousekeeping.com) merekomendasikan minyak kelapa untuk dicampur dengan cuka apel dan madu. Campuran bahan-bahan itu berguna untuk menghilangkan kekusaman dan membuat rambut berkilau.

Masker rambut alami tersebut juga cocok dipakai untuk mempertahankan warna rambut yang sedang Anda miliki. Anda hanya perlu mencampur madu, cuka apel, dan minyak kelapa dengan perbandingan yang sama. Gunakan bahan itu pada rambut selama 20 menit lalu bilas dengan sampo.

Baca Juga: Mudah dan Murah, Ini 5 Cara Menumbuhkan Rambut dengan Cepat

Telur, Cuka Apel, dan Madu

Madu , telur, cuka apel, dan bahan alami lain bisa Anda but menjadi masker rambut alami.

Kombinasi telur, cuka apel, dan madu berguna untuk mengatasi kondisi rambut yang kering dan sulit diatur. Bahan-bahan alami tersebut mampu menutrisi dan melembabkan rambut secara maksimal sehingga rambut Anda akan terlihat lebih berkilau.

Caranya, campur satu butir telur, 1 sdt madu, dan 1 sdm cuka apel. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada rambut dan diamkan dulu selama 30 hingga 40 menit sebelum membilasnya dengan air. Anda bisa menambah porsi masker sesuai dengan tebal dan panjang rambut Anda.

Teh Hijau, Peppermint Oil, dan Cuka Apel

Teh hijau, peppermint oil, dan cuka apel adalah kombinasi bahan alami yang efektif mengatasi kulit kepala yang iritasi. Caranya, campur 1 gelas teh hijau dengan 1 sdm cuka apel dan 2 tetes pepermint oil. Setelah teraduk, pijatkan di kulit kepala lalu diamkan dulu selama 5 menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

Baca Juga: Coba 4 cara meluruskan rambut secara alami ini, yuk

Kayu Manis dan Minyak Kelapa

Good House Keeping menyebutkan bahwa kayu manis bisa mempercepat pertumbuhan rambut. Antimikroba dalam kayu manis berguna untuk meningkatkan sirkulasi darah sehingga rambut tumbuh lebih cepat dan lebih kuat.

Pertama, campur minyak kelapa dengan bubuk kayu manis dengan ukuran yang sama. Setelah teraduk rata dan berbentuk pasta, gunakan masker rambut alami itu di seluruh rambut. Jangan lupa untuk memijat kulit kepala secara perlahan lalu diamkan selama 30-45 menit sebelum membilasnya dengan air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru