5 Bahan alami yang bisa dipakai sebagai pengusir tikus

Senin, 29 November 2021 | 07:21 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Bahan alami yang bisa dipakai sebagai pengusir tikus

ILUSTRASI. Beberapa jenis bahan alami yang mudah Anda temukan bisa dijadikan pengusir tikus.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tidak hanya membuat jijik, kemunculan tikus di tempat tinggal Anda juga bisa menyebarkan berbagai jenis penyakit. Selain itu, tikus juga senang merusak perabotan. Supaya masalah yang lebih parah darah dicegah, cobalah untuk segera memakai pengusir tikus, misalnya dengan bahan alami.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan merapikan barang-barang yang ada di rumah Anda. Peletakan barang yang berantakan dapat mempermudah tikus untuk bersarang di rumah Anda. Selain itu, tutup semua lubang di sekitar rumah Anda supaya tikus tidak masuk ke rumah.

Jika hal-hal tersebut sudah Anda lakukan, hal selanjutnya yang perlu Anda coba adalah dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Selain mudah didapat, bahan-bahan alami berikut cukup aman untuk digunakan.

Bubuk Cabai

Tak hanya menggugah cita rasa, bubuk cabai juga dapat membasmi tikus yang menyerang tempat tinggal Anda, lo. Firstcry.com merekomendasikan Anda untuk menaburkan bubuk cabai di depan pintu, jendela, atau lubang lain yang bisa digunakan tikus untuk masuk ke rumah.

Baca Juga: Tanpa ribet, begini 4 cara mengusir tikus yang efektif

Cengkih

Salah satu jenis rempah yang bisa jadi pengusir tikus adalah cengkih.

Bahan alami lainnya yang bisa Anda gunakan sebagai pengusir tikus adalah cengkih. Sama seperti bawang merah, cengkih memiliki aroma yang tidak disukai tikus. Anda perlu membungkus beberapa cengkih dengan selembar kain terlebih dahulu. Setelah itu, letakkan bungkus cengkih itu di beberapa sudut rumah.

Peppermint Oil

Cara mengusir tikus dapat Anda coba dengan menggunakan peppermint oil. Aroma yang keluar dari jenis minyak itu cukup kuat sehingga bisa membuat tikus enggan berada di rumah Anda. Anda hanya perlu menempatkan kapas yang telah diberi peppermint oil di beberapa sudut rumah.

Baca Juga: 4 Tanaman pengusir nyamuk, bukan cuma lavender

Bawang Merah

Anda bisa menggunakan bawang merah sebagai pengusir tikus.

Mengutip dari Firstcry.com, aroma khas yang dimiliki bawang merah dapat mengusir tikus dari rumah. Anda hanya perlu menempatkan bawang merah di beberapa sudut rumah. Meletakkan bahan alami itu di dekat lubang yang memungkinkan tikus masuk juga bisa dijadikan pilihan.

Bawang Putih

Bawang putih adalah bahan alami selanjutnya yang bisa dimanfaatkan sebagai pengusir tikus. Ada dua cara yang bisa Anda coba dengan memakai bawang putih. Pertama, tempatkan beberapa siung bawang putih di sepanjang jalur yang biasa dilewati tikus.

Kedua, Anda bisa mencampur bawang putih yang sudah dipotong-potong dengan air. Semprotkan air tersebut di beberapa area rumah. Aroma yang keluar dari bawang putih akan membuat tikus jera sehingga tidak akan masuk ke rumah Anda.

Selanjutnya: Varian Omicron mungkin sudah berjalan masuk menuju Indonesia, ini solusinya

Editor: Belladina Biananda
Terbaru