Tanpa ribet, begini 4 cara mengusir tikus yang efektif

Senin, 22 November 2021 | 14:46 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Tanpa ribet, begini 4 cara mengusir tikus yang efektif

ILUSTRASI. Ada beberapa cara mengusir tikus yang sebaiknya Anda coba.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tikus adalah salah satu jenis hewan yang perlu Anda hindari. Selain bisa membuat jijik, tikus juga bisa menyebarkan penyakit sehingga tidak baik untuk Anda dan anggota keluarga yang lain. tak perlu bingung, Anda bisa mencoba beberapa cara mengusir tikus.

Hal penting pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan menjaga kebersihan rumah. Pastikan untuk menyimpan makanan yang belum dikonsumsi di tempat yang tertutup rapat. Anda juga perlu memperhatikan kondisi tempat sampah.

Jangan sampai membiarkan tempat sampah penuh dalam jangka waktu lama karena hal itu bisa menarik keinginan tikus untuk menyerang rumah Anda. Jika kebersihan terjaga, tapi tikus tetap muncul, cobalah untuk mencoba beberapa hal di bawah ini.

Kentang

Tips Bulletin (tipsbulletin.com) merekomendasikan kentang sebagai pembasmi tikus. Natrium yang terkandung dalam bahan alami itu bisa membuat tikus haus dan mengganggu bagian dalam tikus hingga akhirnya tikus mati.

Baca Juga: Cara usir lalat pakai bahan alami, mudah dilakukan!

Daun Salam

Cara mengusir tikus bisa dengan daun salam.

Daun salam adalah bahan alami selanjutnya yang cocok dijadikan cara mengusir tikus. Aroma yang keluar dari daun salam bisa menarik minat tikus. Nah, saat dikonsumsi, kandungan dalam daun salam justru bisa meracuni tubuh tikus yang membuatnya mati.

Cara yang perlu Anda lakukan pun tidak sulit. Cukup sebarkan daun salam di beberapa titik di sekitar rumah Anda. Selain membunuh tikus, manfaat daun salam yang lain adalah membasmi kecoak yang mengganggu kenyamanan rumah Anda.

Bawang Merah

Bawang merah bisa digunakan sebagai cara mengusir tikus.

Bahan alami lain yang tak boleh terlewat untuk Anda pakai sebagai pengusir tikus adalah bawang merah. Tips Bulletin menyebutkan bahwa tikus sangat tidak menyukai aroma dan rasa bawang merah. Jika Anda ingin memakai bawang merah, pastikan untuk membuangnya setelah beberapa hari supaya aromanya hilang.

Baca Juga: Tak hanya lavender, ini 4 tanaman pengusir nyamuk yang lain

Peppermint Oil

Cara mengusir tikus berikutnya adalah memakai peppermint oil. Pertama, beri beberapa tetes peppermint oil dalam kapas. Setelah itu, letakkan kapas tersebut di beberapa sudut rumah. Tikus tidak menykai aroma yang keluar dari peppermint oil sehingga bisa keberadaannya bisa berkurang dari rumah Anda.

Dari beberapa bahan yang sudah disebutkan, bahan mana yang akan Anda jadikan pilihan? Apabila cara-cara tersebut tak membuahkan hasil seperti yang Anda harapkan, tak ada salahnya untuk meminta bantuan dari jasa pengusir tikus di sekitar tempat tinggal Anda.

Selanjutnya: 6 Cara mengusir tikus secara alami tanpa racun dan jebakan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru