5 Bahan Ini Bisa Jadi Cara Menghilangkan Karang Gigi, Lho

Rabu, 12 Januari 2022 | 14:34 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Bahan Ini Bisa Jadi Cara Menghilangkan Karang Gigi, Lho

ILUSTRASI. Anda bisa mencoba beberapa cara menghilangkan karang gigi dengan mudah.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Karang gigi yang tidak dibersihkan secara rutin bisa menyebabkan penyakit gigi dan mulut, seperti merobek gusi dan memicu infeksi. Supaya hal itu tidak terjadi, cara menghilangkan karang gigi di bawah ini bisa jadi solusi.

Mengutip dari Emedi Health (emedihealth.com), karang gigi terbentuk karena adanya penumpukan air liur, sisa makan, dan jenis kotoran yang lain. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk membersihkan gigi secara rutin.

Namun, perlu diperhatikan bahwa cara-cara berikut ini hanya bersifat sementara. Jika karang gigi tak juga hilang dan menyebabkan masalah yang lebih serius, jangan ragu untuk segera memeriksakan diri ke dokter, ya.

Jeruk

Karang gigi juga bisa hilang dengan memanfaatkan jeruk, lo. Asam sitrat yang terkandung dalam jenis buah itu mampu melunakkan karang gigi sehingga karang gigi semakin mudah untuk dibersihkan. Caranya, aplikasikan air jeruk di seluruh bagian gigi, diamkan selama lima menit, lalu berkumurlah dengan air.

Baca Juga: 10 Ciri-Ciri Gula Darah Tinggi, Kenali Biar Makin Waspada Diabetes

Lidah Buaya

Tahukah Anda bahwa lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan karang gigi? Menurut sebuah penelitian, bahan alami itu sama efektifnya dengan obat kumur klorheksidin untuk menghilangkan karang gigi.

Cobalah untuk mengaplikasikan gel lidah buaya pada gigi dan gusi. Setelah 10 menit, berkumurlah dengan air dingin. Untuk mendapat hasil yang maksimal, gunakan lidah buaya sebanyak dua kali dalam sehari.

Daun Jambu Biji

Daun jambu biji bisa dipakkai sebagai cara menghilangkan karang gigi.

Bahan alami selanjutnya yang cocok digunakan sebagai cara menghilangkan karang gigi adalah daun jambu biji. Selain mengurangi jumlah karang gigi, antiinflamasi yang terkandung dalam bahan alami itu juga efektif meredakan pembengkakan atau inflamasi di gusi.

Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah. Pertama, cuci beberapa lembar daun jambu biji lalu kunyah daun tersebut. Pastikan agar ekstrak daun jambu biji yang keluar menjangkau seluruh bagian gusi dan gigi. Berkumurlah dengan air untuk membersihkan sisa daun jambu biji.

Baca Juga: Begini 5 cara menghilangkan karang gigi sendiri di rumah

Wortel

Wortel memiliki banyak serat yang bisa merontokkan karang gigi ketika Anda mengunyahnya secara langsung. Selain itu, makan wortel bisa meningkatkan produksi air liur yang mana efektif membersihkan kotoran di sela gigi dan gusi.

Keju

Emedi Health menyebutkan bahwa karang gigi dapat hilang dengan mengonsumsi keju. Kandungan dalam produk olahan susu itu mampu menetralkan keasaman dalam mulut sehingga karang gigi dapat berkurang. Mineral lain yang terkandung dalam keju juga mampu meningkatkan kesehatan gigi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru