5 Buah yang Wajib Dikonsumsi saat Diet Menurunkan Berat Badan

Minggu, 07 Agustus 2022 | 07:30 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
5 Buah yang Wajib Dikonsumsi saat Diet Menurunkan Berat Badan


KONTAN.CO.ID - Buah adalah makanan yang mengandung banyak serat dan penting untuk dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan. Mengonsumsi buah secara rutin juga baik untuk kesehatan tubuh.

Buah menjadi salah satu makanan yang wajib dikonsumsi saat menjalankan program diet untuk menurunkan berat badan.

Selain mengonsumsi buah-buahan, olahraga juga menjadi bagian penting dapam program diet agar penurunan berat badan menjadi lebih cepat dan efektif. 

Namun, perlu Anda ketahui setiap orang memiliki kebutuhan kalori yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi buah-buahan sebagai salah satu makanan utama saat diet.

Baca Juga: 4 Obat Batuk Kering Berbahan Alami yang Mudah Dicari

Sebelum mengonsumsi buah yang bisa menurunkan berat badan saat diet, Anda juga ada baiknya mempelajari tentang nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ini menjadi pembelajaran sekaligus agar diet Anda menjadi lebih efektif. 

Melansir dari Everyday Health, ada beberapa rekomendasi buah yang cocok untuk dikonsumsi saat diet untuk menurunkan berat badan. Buah tersebut adalah sebagai berikut: 

Apel 

Rekomendasi buah pertama yang cocok untuk diet adalah apel. Pasalnya, apel mengandung banyak serat dan memiliki kalori yang tidak terlalu banyak. 

Selain itu, dengan mengonsumsi apel saat diet membuat kita cenderung merasa kenyang dalam waktu yang relatif lama. 

Pisang

Pisang juga menjadi salah satu buah yang bisa masukan ke dalam daftar makanan saat diet. Sama seperti apel, pisang juga mengandung banyak serat serta bisa membantu memperlambat proses pencernaan. 

Hal tersebut menyebabkan Anda merasa lebih kenyang. Bukan cuma itu, pisang juga dipercaya baik untuk kesehatan tubuh, salah satunya dapat mengontrol kadar gula darah.

Baca Juga: Mampu Menurunkan Gula Darah, Kenali 5 Manfaat Daun Sirsak Lainnya

Jeruk 

Rekomendasi buah untuk diet selanjutnya adalah jeruk. Buah ini mengandung cukup banyak serat dan vitamin C yang melimpah serta nutrisi lainnya.

Dengan banyaknya kandungan nutrisi dalam jeruk, membuat buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet. Selain itu, buah ini juga dapat meningkatkan imunitas tubuh. 

Buah beri 

Selanjutnya, berbagai macam buah beri bisa Anda masukan sebagai makanan diet untuk menurunkan berat badan. Stroberi, bluberi, blackberry, dan jenis buah beri lainnya sangat cocok untuk dikonsumsi saat diet. 

Soalnya, kandungan serat dalam buah beri mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Buah beri juga salah satu buah yang enak untuk dikonsumsi.

Baca Juga: 4 Makanan Penyebab Gangguan Kelenjar Getah Bening yang Perlu Diwaspadai

Alpukat

Rekomendasi buah yang cocok untuk diet menurunkan berat badan yang terakhir adalah alpukat. Buah ini mengandung cukup banyak serat serta asam lemak tak jenuh yang lumayan tinggi. 

Kandungan dalam alpukat tersebut membuat rasa kenyang kebih lama. Selain dapat menurunkan berat badan, jika dikonsumsi secara rutin alpukat juga baik untuk kesehatan jantung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru