5 Cara membersihkan mata ini obati infeksi yang Anda alami

Senin, 26 Juli 2021 | 07:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara membersihkan mata ini obati infeksi yang Anda alami

ILUSTRASI. Cara membersihkan mata bisa Anda lakukan dengan teh hijau atau bahan alami yang lain.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Infeksi mata adalah salah satu masalah kesehatan yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari. Kebersihan indra penglihatan perlu Anda jaga supaya masalah yang lebih serius dapat Anda hindari. Jangan khawatir, ada banyak cara membersihkan mata yang bisa Anda coba.

Ada beberapa gejala infeksi mata yang bisa Anda alami. Mulai dari mata merah, muncul sensasi terbakar dan gatal, serta kondisi yang lain. Jika terus dibiarkan, bukan tidak mungkin kondisi kelopak mata, kornea, dan konjungtiva semakin terganggu.

Beberapa bahan alami ini bisa Anda jadikan pilihan untuk mengatasi beberapa gejala tersebut. Namun, perlu diingat untuk meminta pengawasan dokter, ya. Berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum memakai bahan alami ini untuk menghindari efek samping yang tidak diinginkan.

Teh Hijau

Melansir Stylecraze (stylecraze.com), teh hijau bisa jadi salah satu cara menjaga kebersihan dan mengatasi infeksi mata. Antiinflamasi dan senyawa lain yang terkandung dalam teh hijau efektif mengatasi peradangan dan gejala infeksi yang lain.

Cara yang perlu Anda lakukan tidak sulit. Pertama, masukkan dua kantung teh yang sudah dipakai dalam kulkas. Setelah itu, letakkan di atas mata selama 15 hingga 20 menit. Lakukan cara tersebut dua kali dalam sehari.

Baca Juga: Kenali 5 bahan alami dan manfaatnya untuk perawatan kulit

Kunyit

Kunyit dapat Anda gunakan sebagai cara membersihkan mata.

Jika Anda mencari cara membersihkan mata supaya infeksi dapat sembuh, cobalah untuk memakai kunyit. Antiinflamasi dan antimikroba yang terkandung dalam bahan alami itu mampu mencegah infeksi yang lebih parah.

Caranya, rebus 1 sdt bubuk kunyit dalam segelas air. Setelah mendidih, diamkan beberapa saat hingga dingin lalu celupkan kain bersih dalam air rebusan itu. Gunakan kain yang telah dibasahi air kunyit untuk mengompres mata.

Baca Juga: 4 Cara menghilangkan flek hitam memakai bahan alami

Kompres Dingin

Cara membersihkan mata lainnya yang direkomendasikan Stylecraze adalah memakai kompres dingin. Anda hanya perlu mengompres mata selama dua hingga tiga menit. Untuk mendapat hasil maksimal, usahakan untuk melakukannya sebanyak dua kali dalam sehari.

Essential Oil

Supaya kesehatan mata tetap terjaga, tak ada salahnya untuk memanfaatkan essential oil. Tambahkan beberapa tetes essential oil yang Anda suka dalam sewadah air panas. Tutup bagian sekitar kepala dan leher dengan handuk lalu hadapkan wajah pada wadah tersebut selama lima hingga enam menit.

Selanjutnya: Tips ampuh membersihkan make up menurut ahli kosmetik

Editor: Belladina Biananda
Terbaru