5 Cara mengatasi vertigo, pakai bahan alami

Senin, 11 Oktober 2021 | 19:15 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara mengatasi vertigo, pakai bahan alami


KESEHATAN - Benign positional paroxysmal vertigo (BPPV) atau biasa dikenal dengan vertigo adalah suatu kondisi di mana keseimbangan tubuh Anda terganggu. Tentu saja, cara mengatasi vertigo perlu segera Anda lakukan.

Biasanya, BPPV terjadi karena ada suatu penumpukan di telinga bagian dalam. Namun, BPPV juga bisa Anda alami karena faktor yang lain. Mulai dari infeksi virus, stroke, kepala atau leher terluka, hingga penyakit meniere.

Gejala vertigo yang paling umum terjadi adalah Anda mengalami pusing dan tubuh Anda terasa berputar. Selain itu, vertigo juga ditandai dengan sakit kepala, mual, muntah, telinga berdenging, lengan dan kaki melemah, serta tubuh yang sulit dikoordinasikan.

Sebenarnya, Anda perlu mengobati vertigo sesuai dengan saran yang diberikan dokter. Tapi beberapa cara di bawah ini juga bisa Anda coba.

Jangan khawatir, beberapa bahan berikut ini cukup mudah ditemukan. Begitu pula dengan cara pemakaiannya.

Baca Juga: Tanpa obat, ini cara mengatasi vertigo secara alami

Madu dan cuka apel

Melansir Medical News Today, madu dan cuka apel bisa Anda jadikan obat vertigo. Kandungan dalam bahan-bahan alami tersebut mampu meningkatkan aliran darah ke otak sehingga frekuensi kemunculan dan gejala vertigo dapat berkurang.

Kacang almond

Cara mengatasi vertigo bisa menggunakan kacang almond.

Cara mengatasi vertigo berikutnya yang layak dicoba adalah dengan mengonsumsi kacang almong. Jenis kacang itu mengandung vitamin A, vitamin B, vitamin B, dan nutrisi lain yang efektif meredakan ciri-ciri kacang almond.

Air putih

Supaya vertigo yang Anda alami tak semakin parah, cobalah untuk minum banyak air putih. Minum air putih dapat menghindarkan Anda dari dehidrasi yang mana salah satu faktor pemicu vertigo.

Umumnya, Anda perlu minum minum delapan hingga 12 gelas per hari.

Baca Juga: Penting Anda ketahui, coba 4 cara mengatasi vertigo ini

Jahe

Cara mengatasi vertigo bisa dengan jahe.

Tahukah Anda bahwa cara mengatasi vertigo juga bisa menggunakan jahe? Mengutip dari Medical News Today, nutrisi yang terkandung dalam jenis bahan alami itu bisa mengurangi gejala vertigo.

Caranya, rebus jahe selama lima menit lalu minum air rebusan jahe itu secara teratur. Anda bisa menambahkan madu jika mau.

Essential oil

Tidak hanya bahan-bahan alami yang sudah disebutkan di atas, cara mengobati vertigo juga bisa Anda lakukan dengan memanfaatkan essential oil. Pilihlah aroma essential oil yang Anda sukai lalu gunakan secara teratur.

Selanjutnya: 5 Bahan alami ini bisa jadi obat sakit kepala, terbukti secara ilmiah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru