5 Cara mengecilkan pori-pori ini pakai bahan alami, mau coba?

Rabu, 09 Juni 2021 | 11:58 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara mengecilkan pori-pori ini pakai bahan alami, mau coba?

ILUSTRASI. Jika Anda mencari cara mengecilkan pori-pori, tak ada salahnya untuk mencoba lidah buaya.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ukuran pori-pori kulit yang terlalu besar memang tidak berbahaya. Namun, kondisi itu bisa membuat wajah terlihat lebih tua dan kusam. Anda tidak perlu khawatir jika mengalami hal tersebut karena ada banyak cara mengecilkan pori-pori.

Selain mengganggu penampilan, pori-pori besar meningkatkan risiko menumpuknya minyak dan jenis kotoran lain. Hal itulah yang membuat Anda rentan mengalami berbagai macam masalah kulit, seperti komedo atau jerawat.

Supaya kondisi kesehatan kulit tak semakin parah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Pertama, jaga kebersihan kulit dan usahakan untuk berhenti merokok. Kedua, ukuran pori-pori bisa diperkecil dengan bahan-bahan alami, misalnya lidah buaya, putih telur, dan lain-lain.

Kulit Pisang

Firstcry.com mengatakan bahwa kulit pisang bisa jadi salah satu bahan yang efektif memperkecil ukuran pori-pori. Selain itu, antioksidan dan kalium yang terdapat dalam kulit pisang berguna untuk meremajakan kulit Anda.

Cara yang perlu Anda lakukan sangat mudah. Pertama, gosokkan bagian dalam kulit pisang pada wajah. Diamkan dulu selama 10 hingga 15 menit sebelum membilasnya dengan air. Anda bisa melakukan cara tersebut dua hari sekali untuk mendapat hasil yang maksimal.

Baca Juga: 4 Manfaat tomat untuk wajah, bisa jadi pelembab wajah

Lidah Buaya

Cara mengecilkan pori-pori berikutnya adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Tidak berhenti sampai di situ, menggunakan lidah buaya sceara rutin juga bisa mengencangkan dan menghidrasi kulit secara maksimal.

Minyak Zaitun

Bahan alami lainnya yang direkomendasikan Firstcry.com untuk mengecilkan pori-pori adalah minyak zaitun. Caranya, oleskan minyak zaitun pada kulit wajah dengan gerakan memutar lalu diamkan selama semalaman.

Cobalah untuk melakukan cara tersebut dua hingga tiga kali dalam seminggu. Minyak zaitun bekerja seperti minyak alami kulit sehingga efektif membersihkan dan memperkecil pori-pori. Dengan pemakaian rutin, minyak zaitun mampu mencerahkan warna kulit Anda.

Putih Telur, Oatmeal, Lemon

Meski memiliki bau yang cukup menyengat, ternyata putih telur efektif digunakan sebagai cara mengecilkan pori-pori, lo. Bukan tanpa alasan, kandungan dalam putih telur dapat mencerahkan dan mengencangkan kulit. Dengan begitu, kondisi kesehatan kulit meningkat.

Untuk memaksimalkan efeknya, Anda perlu mencampur satu putih telur dengan 2 sdm air lemon dan 2 sdm oatmeal terlebih dahulu. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada kulit wajah. Diamkan dulu selama 30 menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

Baca Juga: 3 Cara membuat masker putih telur yang mudah dicoba

Timun dan Lemon

Timun dan bahan alami lainnya bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengecilkan pori-pori.

Tingginya kandungan air dalam timun membuat bahan alami ini cocok mengecilkan pori-pori kulit. Apalagi bagi Anda yang memiliki tipe kulit berminyak. Selain itu, antioksidan dalam timun efektif mencegah tanda-tanda penuaan yang muncul di kulit.

Pertama, tumbuk empat hingga lima iris timun dalam 2 sdm air perasan lemon hingga berbentuk pasta. Oleskan campuran itu pada kulit wajah selama 15 menit sebelum membilasnya dengan air. Untuk hasil maksimal, cobalah untuk melakukannya dua kali dalam seminggu.

Selanjutnya: 6 Bahan alami ini cocok jadi scrub wajah, lo. Mau coba?

Editor: Belladina Biananda
Terbaru