5 Cara menghilangkan biang keringat ini mudah Anda coba

Jumat, 26 November 2021 | 07:18 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Cara menghilangkan biang keringat ini mudah Anda coba

ILUSTRASI. Anda dapat memakai bahan alami sebagai cara menghilangkan biang keringat. Model : Handayani Reporter : Dini TRIBUN JATENG/Hermawan Handaka

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Biang keringat bisa jadi penyakit kulit yang cukup menyakitkan bila tak Anda atasi dengan benar. Dalam artikel ini, ada beberapa cara menghilangkan biang keringat yang sebaiknya Anda coba. Dengan begitu, kesehatan kulit dapat terjaga.

Meski bisa muncul di bagian kulit mana pun, tapi biang keringat lebih banyak terjadi di sekitar leher, selangkangan, dan lengan. Biasanya, biang keringat ditandai dengan sekumpulan benjolan kecil yang terasa gatal dan membuat kulit tak nyaman.

Saat temperatur di sekitar Anda menurun, biang keringat bisa hilang dengan sendirinya. Namun, supaya proses menghilangnya biang keringat bisa semakin cepat, tak ada salahnya untuk mencoba beberapa cara di bawah ini.

Oatmeal

Melansir dari Healthline (healthline.com), oatmeal efektif mengurangi rasa gatal dan kulit meradang karena biang keringat. Caranya, campur satu sampai dua gelas oatmeal dalam air hangat kemudian gunakan air tersebut untuk berendam selama 20 menit.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu! 5 Tanaman Ini Ampuh Sembuhkan Cacar Air

Air Dingin

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, biang keringat bisa hilang saat temperatur lingkungan Anda menurun. Nah, Anda dapat mempercepat proses itu dengan mandi menggunakan air dingin. Mandi dengan air dingin juga bisa membersihkan pori-pori kulit yang tersumbat.

Lidah Buaya

Pakai lidah buaya sebagai cara menghilangkan biang keringat.

Lidah buaya jadi bahan alami lain yang dapat Anda pakai sebagai cara menghilangkan biang keringat. Alasannya karena bahan alami tersebut mengandung banyak antiinflamasidan antiseptik sehingga mampu mencegah infeksi kulit. Anda bisa memakai gel lidah buaya pada kulit secara langsung.

Baca Juga: Kenali ragam penyakit kulit yang bisa menjangkiti bayi

Kompres Dingin

Kompres dingin, misalnya dari es batu yang dibalut handuk bersih, juga bisa Anda gunakan untuk menghilangkan biang keringat. Tidak hanya mengatasi iritasi, memakai kompres dingin juga dapat mengurangi rasa sakit yang muncul di bagian kulit Anda.

Baking Soda

Baking soda berguna sebagai cara menghilangkan biang keringat.

Bahan lain yang direkomendasikan Healthline adalah baking soda. Pertama, tambahkan 3-5 sdm baking soda dalam air hangat. Selanjutnya, berendam di air tersebut selama 20 menit. Kandungan dalam baking soda akan meredakan rasa gatal yang terjadi di kulit Anda.

Dari bahan-bahan yang sudah disebutkan, adakah cara menghilangkan biang keringat yang ingin Anda lakukan? Apabila kondisi kulit itu tak kunjung membaik, cobalah untuk membicarakannya ke dokter, ya.

Selanjutnya: Penerima BSU Sudah Tembus 7,6 Juta

Editor: Belladina Biananda
Terbaru