5 Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan selain Obat

Jumat, 09 Februari 2024 | 14:45 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
5 Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan selain Obat

ILUSTRASI. Makanan dan Minuman untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan selain Obat


Minuman untuk Mengatasi Mabuk Perjalanan  - JAKARTA. Ketahui beberapa makanan dan minuman yang dapat membantu mengatasi mabuk perjalanan berserta faktor pemicunya. Gejala fisik seperti mual dan muntah sering muncul ketika seseorang melakukan perjalanan ke suatu tempat.

Mabuk perjalanan, yang juga dikenal sebagai motion sickness, adalah kondisi ketidaknyamanan fisik yang dapat terjadi saat individu bergerak dengan kendaraan seperti mobil, pesawat, kapal, atau kereta api.

Kondisi ini muncul karena adanya perbedaan antara informasi sensorik yang diterima oleh mata, telinga dalam (vestibular), dan tubuh ketika dalam keadaan bergerak.

Oleh karena itu, terdapat beberapa faktor penyebab yang dapat memicu munculnya rasa tidak nyaman atau mabuk perjalanan.

Baca Juga: 4 Pengobatan Rumahan yang Efektif Mengobati Diare

Anak mabuk perjalanan

Penyebab Mabuk Perjalanan

Mabuk perjalanan pada dasarnya muncul karena ketidakcocokan antara informasi yang diterima oleh sistem sensorik tubuh.

Saat seseorang dalam kendaraan bergerak, indera penglihatan mengirimkan sinyal bahwa tubuh bergerak.

  • Telinga dalam (vestibular) yang bertanggung jawab untuk keseimbangan dan orientasi juga memberikan sinyal pergerakan.
  • Tubuh tetap dalam posisi diam atau kurang bergerak karena kendaraan tidak memberikan gerakan yang terlihat atau terasa secara langsung.
  • Dissonansi antara sinyal-sinyal ini dapat menyebabkan mual, pusing, dan gejala-gejala mabuk perjalanan lainnya.

Untuk itu, ada beberapa langkah mudah untuk mengatasi masalah gangguan kenyamanan saat perjalanan.

Simak beberapa cara mengatasi mabuk perjalanan yang bisa dilakukan saat gejala timbul dirangkum dari Cleveland.

Baca Juga: 10 Makanan Terlarang Bagi Penderita Gastrisitis, Cek Daftarnya!

Cara Mengatasi Mabuk Perjalanan

  • Fokus pada titik tetap: Usahakan untuk fokus pada objek atau titik tetap di depan Anda, seperti pemandangan di luar jendela kendaraan atau horison, ini membantu mengurangi konflik antara input sensorik.
  • Hindari membaca atau menonton layar: Pastikan Anda menghindari membaca atau menonton layar gadget selama perjalanan dapat membantu mengurangi ketidakcocokan sensorik dan mengurangi gejala mabuk perjalanan.
  • Duduk di tempat yang stabil: Pilih tempat duduk di kendaraan yang lebih stabil, seperti di dekat sayap pesawat, atau di tengah-tengah kapal laut untuk mengurangi getaran dan pergerakan yang terasa.
  • Hindari makan berat sebelum perjalanan: Anda perlu menghindari makan makanan yang berat sebelum bepergian, karena perut yang penuh dapat memperparah gejala mabuk perjalanan.
  • Ciptakan sirkulasi udara yang baik: Pastikan sirkulasi udara yang baik di dalam kendaraan untuk mengurangi rasa pengap yang bisa memicu gejala mabuk. Tindakan ini dapat menurunkan kemungkinan Anda sakit atau meringankan gejala jika terjadi:
  • Hirup wewangian Herbal: Anda bisa menghirup aroma mint, jahe, atau lavender yang menenangkan. Hisap permen keras yang dibuat dengan peppermint atau jahe.
  • Pilih minuman dan Makanan: Sebelum perjalanan, Anda sebaiknya meminum banyak air serta memilih makanan rendah lemak, hambar, dan bertepung sebelum bepergian. Anda wajib menghindari makanan berat dan makanan berminyak, pedas atau asam yang dapat mengganggu perut Anda.

Selain itu, Anda tentunya perlu menghindari hal pemicu lainnya seperti minum alkohol atau merokok.

Makanan dan minuman untuk mabuk perjalanan

Jahe

Meskipun tidak ada makanan atau minuman khusus yang dapat sepenuhnya mencegah mabuk perjalanan, beberapa tips mungkin dapat membantu meredakan gejalanya, dilansir dari Tom's of Maine.

1. Jahe

Jahe dikenal memiliki sifat anti-mual. Anda dapat mencoba minum teh jahe atau mengunyah permen jahe sebelum atau selama perjalanan.

2. Peppermint

Peppermint juga dapat membantu meredakan mual. Cobalah minum teh peppermint atau mengunyah permen peppermint.

3. Camilan Kering

Makan camilan kering, seperti biskuit gandum atau kerupuk, dapat membantu meredakan mual. Hindari makanan berlemak atau berat sebelum perjalanan.

4. Minuman Ringan dan Elektrolit

Minuman ringan atau elektrolit dapat membantu menjaga hidrasi dan mengurangi gejala mabuk perjalanan.

5. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan air tinggi dan dapat membantu memberikan sensasi segar. Potong mentimun kecil dan bawa sebagai camilan.

Mabuk perjalanan dapat diatasi dengan minum obat yang mengandung dimenhidrinat atau meklozin. Namun, konsultasikan dulu dengan dokter sebelum mengonsumsi obat tersebut, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan lain atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

Itulah beberapa penjelasan terkait cara mengatasi mabuk perjalanan dengan makanan dan minuman beserta faktor penyebabnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru