5 Makanan untuk meningkatkan imun tubuh, mudah ditemukan, lho

Selasa, 09 November 2021 | 08:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Makanan untuk meningkatkan imun tubuh, mudah ditemukan, lho

ILUSTRASI. Yogurt rendah lemak termasuk makanan untuk meningkatkan imun tubuh.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Memiliki sistem imun tubuh yang kuat merupakan salah satu hal penting supaya Anda tak mudah terserang penyakit. Selain olahraga, mengonsumsi makanan untuk meningkatkan imun tubuh juga bisa Anda lakukan.

Salah satu jenis makanan yang dapat Anda jadikan pilihan adalah jamur, misalnya jamur kancing. Vitamin B, selenium, riboflavin, dan nutrisi lain yang ada dalam jamur bisa membuat sistem imun tubuh Anda kuat.

Tidak hanya jamur, tentu saja masih banyak jenis makanan lain yang perlu Anda coba. Anda juga bisa meningkatkan sistem imun tubuh dengan suplemen. Namun, pastikan untuk mengonsumsi suplemen sesuai dosis yang disarankan dokter, ya.

Kerang

Siapa yang suka makan kerang? Ternyata, salah satu jenis seafood itu bisa jadi peningkat imun tubuh, lo. Mengutip dari On Health (onhealth.com), 3 ons kerang bisa memenuhi kebutuhan harian tubuh akan selenium hingga 190%. Kerang juga dipenuhi dengan vitamin C, zat besi, protein, dan lain-lain.

Baca Juga: Ini 5 manfaat buah naga, bisa turunkan gula darah, lo

Yogurt Rendah Lemak

Selanjutnya, Anda bisa memanfaatkan yogurt sebagai makanan untuk meningkatkan imun tubuh. Namun, pastikan untuk memilih yoghurt yang memiliki kandungan lemak rendah, ya. Ada banyak nutrisi penting yang terdapat dalam produk olahan susu tersebut.

Mulai dari protein, kalsium, vitaminn B12, vitamin D, dan vitamin B2. Tidak berhenti sampai di situ, yoghurt juga kaya akan probiotik yang baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Anda bisa mengonsumsi yoghurt secara langsung atau mencampurnya dengan makanan bergizi lain, seperti buah atau sayur.

Semangka

Semangka termasuk makanan untuk meningkatkan imun tubuh.

Tahukah Anda bahwa semangka termasuk salah satu makanan untuk meningkatkan imun tubuh? Dari 2 gelas semangka, Anda bisa mendapatkan 270 mg kalium. Mengonsumsi semangka dalam jumlah sama juga bisa memenuhi 30% kebutuhan vitamin A harian dan 25% kebutuhan vitamin C harian.

Baca Juga: 5 Khasiat bawang putih, tak hanya jadi obat hipertensi

Bayam

Bayam berguna sebagai makanan untuk meningkatkan imun tubuh.

On Health mengatakan bahwa bayam termasuk salah satu makanan yang baik untuk tubuh karena berbagai macam nutrisi yang ada di dalamnya. Mulai dari folat, vitamin A, vitamin C, serat, magnesium, hingga zat besi.

Brokoli

Jenis sayuran lain yang cocok dijadikan peningkat sistem imun adalah brokoli. Satu gelas brokoli mengandung jumlah vitamin C yang sama dengan kandungan dalam jeruk. Selain itu, brokoli juga dipenuhi dengan beta karoten, kalium, magnesium, zat besi, dan nutrisi lain yang mampu meningkatkan imun.

Selanjutnya: Rutin konsumsi 5 makanan ini bermanfaat bagi kesehatan kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru