5 Makanan yang mengandung asam folat, baik untuk ibu hamil

Kamis, 11 November 2021 | 10:32 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Makanan yang mengandung asam folat, baik untuk ibu hamil

ILUSTRASI. Telur termasuk makanan yang mengandung asam folat.


KESEHATAN - JAKARTA. Asam folat merupakan salah satu nutrisi penting yang dibutuhkan ibu hamil. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, Anda bisa memilih beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat. Tak perlu bingung, makanan-makanan ini cukup mudah didapat.

Ada banyak fungsi penting yang dimiliki asam folat atau biasa disebut dengan vitamin B9. Mulai dari menjaga kesehatan sel dalam tubuh, memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan, hingga mencegah cacat lahir.

Mengutip dari Healthline (healthline.com), orang dewasa pada umumnya membutuhkan 400 mcg asam folat. Namun, Anda bisa membutuhkan jumlah asam folat yang berbeda karena kondisi itu. Maka dari itu, tak ada ruginya untuk berkonsultasi dulu ke dokter, apalagi ketika Anda hamil.

Telur

Telur merupakan sumber asam folat yang cukup mudah untuk Anda dapatkan. Anda bisa memenuhi 6% kebutuhan asam folat harian dengan mengonsumsi satu telur berukuran besar. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan protein, vitamin B12, dan vitamin penting yang lain.

Baca Juga: Hindari 5 makanan Ini, jika Anda penderita lemah jantung

Buah Sitrus

Salah satu makanan yang mengandung asam folat adalah jeruk.

Buah sitrus, seperti jeruk, jadi makanan yang mengandung asam folat berikutnya yang dapat Anda jadikan pilihan. Dari satu buah jeruk berukuran besar, Anda bisa mendapatkan 55 mcg asam folat atau setara memenuhi 14% kebutuhan asam folat harian.

Brokoli

Sumber asam folat berikutnya yang direkomendasikan Healthline adalah brokoli. Anda bisa mendapat 57 mcg asam folat dari mengonsumsi 91 g brokoli. Tidak berhenti sampai di situ, brokoli juga dipenuhi dengan gizi lain, seperti vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cocok untuk diet! Ini sayuran yang efektif menghancurkan lemak perut dengan cepat

Pepaya

Pepaya termasuk dalam daftar makanan yang mengandung asam folat.

Siapa yang suka makan pepaya? Ternyata, jenis buah itu termasuk salah satu makanan yang mengandung asam folat, lho. Selain mengandung 53 mcg asam folat, mengonsumsi 140 g pepaya juga bisa memenuhi kebutuhan tubuh Anda akan vitamin C, antioksidan, kalium, dan lain-lain.

Alpukat

Anda bisa mendapat 82 mcg asam folat dari setengah buah alpukat. Anda bisa mengonsumsi alpukat dengan berbagai cara, seperti mengonsumsinya langsung, mencampurnya dengan roti panggang, atau mengolahnya menjadi salad. Rutin mengonsumsinya juga baik untuk kesehatan jantung Anda.

Selanjutnya: Bisa jadi penyebab kanker prostat, kurangi konsumsi bahan makanan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru