5 Manfaat Kegiatan Mewarnai untuk Orang Dewasa, Meredakan Stress!

Minggu, 29 Mei 2022 | 06:40 WIB   Reporter: Ana Risma
5 Manfaat Kegiatan Mewarnai untuk Orang Dewasa, Meredakan Stress!


KONTAN.CO.ID - Selama ini, kegiatan mewarnai kerap diidentikkan dengan anak-anak. Padahal, kegiatan mewarnai dapat dilakukan oleh siapa saja tidak terkecuali orang dewasa.

Bagi Anda yang sedang mengalami stres atau merasa cemas dengan kehidupan sehari-hari, maka tidak ada salahnya untuk mengurangi penggunaan gadget dan mulai mengisi waktu luang Anda dengan kegiatan mewarnai.

Perlu Anda tahu, berikut 5 manfaat kegiatan mewarnai untuk orang dewasa sebagaimana dilansir dari WebMD dan Firstcry Parenting.

1. Menghilangkan stres dan mengurangi kecemasan

Kegiatan mewarnai diklaim dapat menurunkan stres dan mengurangi kecemasan. Saat Anda terlibat dalam aktivitas mewarnai, itu akan membantu menenangkan amigdala (pusat ketakutan otak) sekaligus merangsang bagian otak yang bertanggung jawab atas kreativitas dan logika.

Bahkan, kegiatan mewarnai juga bisa berfungsi sebagai bentuk meditasi lho Moms. Menurut penelitian pada tahun 2005, mewarnai pola geometris atau bentuk simetris mandala memiliki manfaat meditatif serta bisa mengurangi kecemasan.

2. Menginduksi keadaan meditatif

Kegiatan mewarnai dapat menjadi terapi bagi sebagian orang. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa berfokus pada struktur kompleks pada halaman buku mewarnai bisa membantu menempatkan pikiran Anda ke dalam keadaan meditatif.

Keadaan meditatif sendiri terjadi ketika Anda berhenti fokus pada masa depan atau tidak lagi mengkhawatirkan masa lalu. Sebaliknya, keadaan meditatif akan mendorong Anda untuk hanya berfokus pada masa sekarang. Ini dikarenakan kegiatan mewarnai termasuk tindakan tunggal yang mampu menunda dialog batin dan menghilangkan emosi serta pikiran negatif dari dalam pikiran.

3. Melatih otak untuk fokus

Entah mewarnai pola hewan atau gambar mandala, tetap saja kegiatan ini dapat membantu otak Anda belajar melatih dirinya untuk fokus.

Seorang konselor klinis profesional bernama Leslie Marshall mengungkapkan bahwa kegiatan mewarnai mampu membuka lobus frontal otak (pusat pengorganisasian dan pemecahan masalah) serta membantu pikiran untuk lebih fokus. Jadi, kurangilah bermain gadget di kala senggang dan cobalah untuk mulai mewarnai supaya Anda tetap fokus dalam menjalani hidup.

4. Membuat tidur lebih nyenyak

Kegiatan mewarnai memang tidak dapat dikaitkan secara langsung dengan peningkatan kualitas tidur. Namun, kegiatan ini tetap dapat membantu Anda untuk tidur dengan lebih baik.

Dengan menyingkirkan gadget dan berfokus untuk mewarnai, itu bisa mencegah Anda begadang semalaman. Pasalnya, menyibukkan diri dengan mewarnai dibandingkan bermain gadget sebelum tidur akan mengurangi paparan blue light penyebab kesulitan tidur. Jika dibiasakan, kegiatan mewarnai tidak hanya akan meningkatkan pola tidur Anda tetapi juga akan mengurangi lingkaran hitam di bawah mata.

5. Meningkatkan keterampilan motorik

Kegiatan mewarnai mengharuskan Anda untuk mengasah koordinasi tangan-mata dan keterampilan motorik Anda .

Beberapa ahli kesehatan bahkan percaya bahwa kegiatan mewarnai tidak hanya dapat meningkatkan keterampilan motorik, tetapi juga bisa membantu menunda demensia yang berkaitan dengan warna, teka-teki silang, serta asah otak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ana Risma

Terbaru