5 Manfaat Vitamin A yang Luar Biasa, Banyak yang Belum Tahu

Sabtu, 02 September 2023 | 04:45 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
5 Manfaat Vitamin A yang Luar Biasa, Banyak yang Belum Tahu


VITAMIN A - Meskipun vitamin A sering dianggap sebagai nutrisi tunggal, vitamin ini sebenarnya adalah sekelompok senyawa yang larut dalam lemak, termasuk retinol, retinal, dan ester retinil.

Dua bentuk vitamin A ditemukan dalam makanan.

Vitamin A yang dibentuk sebelumnya - retinol dan retinyl ester - terdapat secara eksklusif pada produk hewani seperti susu, hati, dan ikan, sedangkan provitamin A karotenoid berlimpah dalam makanan nabati seperti buah-buahan, sayuran, dan minyak.

Untuk menggunakan kedua bentuk vitamin A ini, tubuh Anda harus mengubahnya menjadi retinal dan asam retinoat, bentuk aktif dari vitamin tersebut.

Karena vitamin A larut dalam lemak, ia disimpan dalam jaringan tubuh untuk digunakan nanti.

Sebagian besar vitamin A dalam tubuh Anda disimpan di hati dalam bentuk retinil ester.

Ester ini kemudian dipecah menjadi all-trans-retinol, yang berikatan dengan protein pengikat retinol. Itu kemudian memasuki aliran darah Anda, di mana tubuh Anda dapat menggunakannya.

Baca Juga: Cara Membuat Ramuan untuk Atasi Asam Urat dengan Daun Salam, Butuh 10-25 Lembar

Manfaat vitamin A untuk tubuh 

Melansir Healthline, vitamin A sangat penting untuk kesehatan Anda. Vitamin ini mendukung pertumbuhan sel, fungsi kekebalan tubuh, perkembangan janin, dan penglihatan.

Mungkin salah satu fungsi vitamin A yang paling terkenal adalah perannya dalam penglihatan dan kesehatan mata.

Retinal, bentuk aktif vitamin A, bergabung dengan protein opsin untuk membentuk rhodopsin, sebuah molekul yang diperlukan untuk penglihatan warna dan penglihatan cahaya rendah.

Vitamin ini juga membantu melindungi dan memelihara kornea, yang merupakan lapisan terluar mata Anda, dan konjungtiva, selaput tipis yang menutupi permukaan mata dan bagian dalam kelopak mata Anda.

Selain itu, vitamin A membantu menjaga jaringan permukaan seperti kulit, usus, paru-paru, kandung kemih, dan telinga bagian dalam.

Ini mendukung fungsi kekebalan dengan mendukung pertumbuhan dan distribusi sel T, sejenis sel darah putih yang melindungi tubuh Anda dari infeksi.

Terlebih lagi, vitamin A mendukung kesehatan sel kulit, kesehatan reproduksi pria dan wanita, serta perkembangan janin.

Baca Juga: Rasanya Segar! Ini Manfaat Air Rendaman Mentimun dan Lemon

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru