5 Obat Rambut Rontok Ini Wajib Anda Coba, Pakai Bahan Alami

Senin, 20 Desember 2021 | 14:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Obat Rambut Rontok Ini Wajib Anda Coba, Pakai Bahan Alami

ILUSTRASI. Beberapa jenis bahan alami cocok Anda jadikan obat rambut rontok.


KESEHATAN - Rambut rontok sebenarnya adalah kondisi yang umum terjadi. Namun, hal itu bisa jadi masalah jika jumlah rambut yang rontok terus bertambah. Obat rambut rontok pun Anda butuhkan supaya masalah itu bisa teratasi dengan baik.

Ada banyak penyebab rambut rontok yang bisa Anda alami. Mulai dari tubuh yang kekurangan mineral, kurang mengonsumsi makanan bergizi, stres, polusi, jenis pengobatan tertentu, hingga keturunan.

Dengan mengetahui penyebabnya, Anda menjadi lebih mudah untuk memilih perawatan yang tepat. Misalnya, jika kerontokan rambut disebabkan karena jenis pengobatan tertentu.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter apakah obat yang Anda konsumsi bisa diganti dengan jenis obat yang lain atau tidak. Selain itu, masih banyak faktor lain yang menyebabkan rambut Anda rontok.

Mengutip dari E Times, terlalu sering memakai topi atau helm bisa menyebabkan rambut rontok. Selain mengatasi penyebabnya, masih banyak cara mengatasi rambut rontok yang bisa Anda coba.

Baca Juga: Cari cara mengatasi rambut rontok? Pakai 7 bahan ini

Essential oil

Obat rambut rontok selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan mengaplikasikan essential oil secara rutin. Ada banyak jenis essential oil yang bisa Anda pilih. Mulai dari minyak lavender, minyak wijen, hingga minyak almond.

Pijat kulit kepala dengan jenis essential oil yang Anda sukai selama beberapa menit. Usahakan untuk melakukan cara tersebut secara rutin. Tujuannya agar folikel rambut tetap produktif sehingga rambut rontok bisa berkurang.

Bawang putih, bawang merah, jahe

Jika Anda mencari obat rambut rontok, cobalah untuk memanfaatkan bawang merah, bawang putih, atau jahe. Jenis bahan alami itu mampu memperkuat dan memperbaiki pertumbuhan rambut. Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah.

Cukup gosokkan salah satu bahan alami itu pada kulit kepala Anda. Setelah itu, diamkan selama semalaman lalu bilas hingga bersih di pagi hari. Namun, cobalah melakukan uji coba dulu untuk menghindari reaksi alergi atau efek samping yang tidak diinginkan.

Yogurt dan madu

Yogurt, madu, dan bahan alami yang lain bisa Anda gunakan sebagai obat rambut rontok.

2 sdm yogurt dan 1 sdm madu bisa mengatasi rambut rontok, lo. Aduk rata dua bahan itu dalam sebuah wadah lalu aplikasikan pada kulit kepala dan rambut. Diamkan dulu selama 30 menit kemudian bersihkan memakai air dingin.

Baca Juga: Ingin cantik usai melahirkan? Ini adalah perawatan wajah untuk ibu menyusui

Teh hijau

Selain bawang putih, bawang merah, atau jahe, cara agar rambut tidak rontok juga bisa memanfaatkan teh hijau, lo. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan dalam teh hijau cukup efektif untuk mengatasi permasalahan rambut rontok.

Caranya, rebus dua kantung teh hijau ke dalam segelas air. Setelah mendidih, diamkan dulu hingga dingin sehingga tidak berbahaya ketika Anda pakai.

Aplikasikan teh hijau pada rambut Anda selama satu jam lalu bilas hingga bersih. Untuk mendapat hasil yang maksimal, cobalah untuk melakukannya secara rutin.

Lidah buaya

Cara mudah lainnya untuk mengobati rambut rontok adalah dengan memanfaatkan lidah buaya. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada kulit kepala dan seluruh bagian rambut. Setelah 45 menit, bersihkan lidah buaya memakai air.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru