5 Penyebab Berat Badan Naik Drastis yang Perlu Dihindari

Rabu, 07 Februari 2024 | 11:30 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
5 Penyebab Berat Badan Naik Drastis yang Perlu Dihindari

ILUSTRASI. Berat Badan Mudah Naik Drastis Kenapa?


KESEHATAN - JAKARTA. Pahami beberapa penyebab berat badan naik secara drastis dan faktor yang mempengaruhinya. Kondisi tubuh setiap orang bisa berbeda bergantung dari metabolisme hingga faktor biologisnya.

Tubuh yang sehat atau tidaknya bisa dikenali dengan pengukuran salah satunya, berat badan yang ideal. Berat badan setiap orang akan dipengaruhi oleh faktor genetik, pola makan, dan aktivitas sehari-hari.

Saat kondisi tubuh yang cenderung tidak melakukan aktivitas fisik, berat badan akan mudah naik dan menyebabkan kegemukan.

Berikut ini beberapa faktor yang mempengaruhi berat badan bisa naik maupun turun.

Baca Juga: 9 Cara Cepat untuk Meluruhkan Kolesterol Jahat dalam Tubuh

berat badan naik drastis

Hal yang mempengaruhi berat badan

Simak informasi terkait faktor utama yang mempengaruhi berat badan:

  • Warisan Genetik dan Faktor Genetika: Faktor genetika memainkan peran penting dalam menentukan predisposisi seseorang terhadap berat badan tertentu. Gen-gen dapat memiliki dampak pada metabolisme, kecenderungan untuk menyimpan lemak, dan kebiasaan makan.
  • Aktivitas Fisik dan Tingkat Kebugaran: Tingkat aktivitas fisik memiliki dampak besar pada regulasi berat badan. Individu yang aktif secara fisik dan rajin berolahraga cenderung membakar lebih banyak kalori, yang berkontribusi pada pemeliharaan berat badan yang sehat.
  • Pola Makan yang Sehat dan Seimbang: Jenis dan jumlah makanan yang dikonsumsi memberikan dampak signifikan pada berat badan. Pentingnya menjaga pola makan yang seimbang, mengandung nutrisi yang beragam, menjadi kunci utama untuk menjaga berat badan dalam batas yang sehat.
  • Metabolisme Dasar dan Konsumsi Energi: Metabolisme basal, yakni jumlah energi yang dibutuhkan tubuh untuk menjalankan fungsi dasar saat istirahat, memainkan peran dalam regulasi berat badan. Orang dengan metabolisme basal yang tinggi cenderung membakar lebih banyak kalori secara alami.
  • Kesehatan Fisik dan Kondisi Medis: Beberapa kondisi kesehatan seperti hipotiroidisme, sindrom ovarium polikistik (PCOS), diabetes, dan gangguan hormonal lainnya dapat mempengaruhi berat badan. Pemahaman terhadap kondisi kesehatan ini penting dalam mengelola berat badan dengan efektif.
  • Aspek Psikologis dan Emosional: Stres, kecemasan, depresi, dan masalah psikologis lainnya dapat berdampak pada pola makan. Respons terhadap tekanan emosional dapat mencakup kecenderungan makan berlebihan atau kurang makan, yang dapat mempengaruhi berat badan secara langsung.

Untuk itu, Anda perlu mengenal sendiri kebiasaan yang membuat berat badan cepat naik.

Baca Juga: 7 Buah Segar yang Bisa Menyukseskan Program Diet Anda

Penyebab berat badan mudah naik drastis

Anda juga perlu memperhatikan beberapa poin berikut yang menjadi penyebab berat badan cepat naik maupun turun. Berikut ini beberapa penyebab berat badan mudah naik drastis yang dilansir dari laman Verywell Fit.

1. Diet Ekstrim atau Tidak Realistis

Sama seperti kebanyakan individu, ketika memulai upaya penurunan berat badan, banyak yang berkeinginan menurunkan berat badan secara cepat. Ini sering kali diwujudkan melalui mengikuti rencana makan ketat atau program olahraga intens yang sulit dipertahankan dalam jangka panjang.

Dorongan untuk mencapai penurunan berat badan maksimal dalam waktu singkat dapat menjadi penyebab berat badan meningkat alih-alih menurun.

2. Porsi Makan yang Tidak Terkendali

Peningkatan ukuran porsi makanan, baik di restoran maupun di rumah, dapat menjadi penjelasan mengapa berat badan cenderung naik.

Menurut penelitian 2018 yang diterbitkan dalam The Proceedings of the Nutrition Society Amerika Serikat, ukuran porsi makanan telah meningkat. Apa yang dianggap sebagai porsi normal mungkin sebenarnya jauh lebih besar daripada ukuran porsi standar. Hal ini dapat memengaruhi asupan kalori dan nutrisi yang dikonsumsi.

3. Kurangnya Aktivitas Fisik

Kemudahan hidup modern sering kali mengurangi tingkat aktivitas fisik. Kebiasaan menggunakan saluran jarak jauh, memesan makanan online, dan kegiatan lain yang minim gerakan dapat menyebabkan kurangnya olahraga.

Penting untuk menjadwalkan kegiatan fisik rutin guna menjaga kebugaran tubuh dan mencegah peningkatan berat badan yang tidak diinginkan.

Diet ekstrim

4. Pilihan Makanan yang Tidak Sehat

Komposisi makanan dalam diet memiliki dampak signifikan pada kesehatan dan berat badan. Memilih makanan yang kurang bergizi dan tidak memenuhi kebutuhan nutrisi harian, seperti karbohidrat, protein, dan mineral, dapat mengakibatkan peningkatan kadar lemak tubuh.

Menu diet yang bervariasi dan seimbang sangat penting untuk menjaga keseimbangan nutrisi.

5. Kurang Tidur dan Stres

Kurang tidur dan tingkat stres yang tinggi dapat menjadi penyebab kenaikan berat badan yang tidak diinginkan. Kurang tidur dapat merubah kelebihan kalori menjadi lemak, meningkatkan nafsu makan, dan mengakibatkan konsumsi makanan yang berlebihan.

Stres kronis juga memengaruhi hormon kortisol, yang dapat berkontribusi pada peningkatan berat badan. Penting untuk menjaga pola tidur yang baik dan mengelola stres untuk mendukung upaya penurunan berat badan.

Penting untuk memahami bahwa interaksi antara faktor-faktor penyebab berat badan mudah naik bisa berbeda-beda.

Lewat informasi di atas bisa menjadi pertimbangan Anda untuk memperhatikan kembali pola makan hingga aktivitas untuk menjaga berat badan ideal.

Selanjutnya: Perkuat Bisnis, BBN Airlines Indonesia Tambah 4 Armada Boeing 737

Menarik Dibaca: 3 Resep Olahan Alpukat untuk Menurunkan Kolesterol, Mau Coba?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru