5 Rekomendasi obat panas dalam, terbuat dari bahan alami

Kamis, 26 Agustus 2021 | 19:35 WIB   Penulis: Belladina Biananda
5 Rekomendasi obat panas dalam, terbuat dari bahan alami


KESEHATAN - Panas dalam merupakan suatu kumpulan gejala yang mengganggu kesehatan. Nah, supaya kondisi kesehatan Anda tak semakin menurun, beberapa obat panas dalam patut Anda coba.

Mengonsumsi jenis makanan tertentu, tubuh kekurangan vitamin B12, dehidrasi, hingga kurang tidur bisa menyebabkan panas dalam. Tentu saja Anda perlu mengatasi penyebab-penyebab itu supaya kesehatan tubuh terjaga.

Anda bisa memanfaatkan madu, baking soda, teh kamomil, dan jenis bahan alami yang lain untuk menyembuhkan panas dalam. Salah satu bentuknya adalah Anda mengalami sakit tenggorokan.

Namun, bila bahan-bahan alami ini tak memberikan hasil apa pun, segera periksakan diri ke dokter agar bisa mendapat perawatan yang sesuai dengan kondisi Anda:

Air garam

Healthline menyebutkan, berkumur dengan air garam mampu mengobati sakit tenggorokan. Alasannya, bahan alami itu mengandung antibakteri sehingga infeksi yang lebih parah dapat Anda hindari.

Baca Juga: 5 Cara menghilangkan lendir di tenggorokan pakai bahan alami

Cuka apel

Obat panas dalam berikutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah cuka apel. Sama seperti garam, cuka apel mengandung antibakteri yang efektif mencegah iritasi di bagian tenggorokan.

Caranya, campur 1-2 sdm cuka apel dalam segelas air lalu gunakan untuk berkumur.

Teh kamomil

Tahukah Anda bahwa teh kamomil dapat digunakan sebagai obat panas dalam? Antiinflamasi, antioksidan, dan astringen alami yang terdapat dalam jenis reh itu mampu meredakan sakit tenggorokan dan gejala panas dalam yang lain.

Supaya hasilnya lebih maksimal, cobalah untuk mengonsumsi teh kamomil dalam keadaan hangat. Uap yang keluar dari minuman itu efektif mengobati gejala flu dan iritasi di tenggorokan.

Tidak berhenti sampai di situ, mengonsumsi teh kamomil mampu meningkatkan sistem imun tubuh.

Baca Juga: Inilah bahan herbal yang bisa menjadi obat radang amandel

Madu

Jika Anda mencari cara mengobati panas dalam, maka madu tak boleh Anda lupakan. Anda bisa mencampur bahan alami itu dalam teh atau air hangat.

Menurut sebuah penelitian, kandungan dalam madu dapat mempercepat proses penyembuhan sakit tenggorokan.

Bawang putih

Salah satu manfaat bawang putih adalah dijadikan obat panas dalam.

Bahan alami lainnya yang direkomendasikan Healthline untuk meredakan panas dalam adalah bawang putih. Antimikroba dan kandungan lain dalam bahan alami itu efektif melawan infeksi virus.

Namun, jangan lupa untuk menyikat gigi setelah mengonsumsi bawang putih supaya mulut tak bau.

Selanjutnya: Bisa dibuat sendiri, ini ramuan herbal yang efektif meredakan nyeri akibat asam urat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru