5 Tips Cuci Piring Menumpuk Saat Lebaran, Tak Disangka Gampangnya!

Minggu, 24 April 2022 | 13:00 WIB   Reporter: Kania Paramahita
5 Tips Cuci Piring Menumpuk Saat Lebaran, Tak Disangka Gampangnya!


KONTAN.CO.ID - Bulan Ramadan kadang identik dengan tumpukan piring kotor di dapur, terutama setelah sahur dan berbuka. Begitu pula saat Lebaran Tiba

Sama seperti kegiatan membersihkan rumah lainnya, mencuci piring di bulan Ramadan bisa terasa lebih berat dan melelahkan karena Anda tidak bisa makan dan minum untuk mengisi energi yang terbuang. Oleh karena itu, Anda harus pintar-pintar mengatur stategi supaya tumpukan piring kotor bisa dicuci dengan lebih efisien.

Nah, untuk membantu Anda mencuci piring dengan lebih cepat di bulan Ramadan, berikut beberapa hal yang bisa dilakukan. Yuk, simak tipsnya di bawah ini!

Baca Juga: Tips Menyiapkan Rumah untuk Buka Bersama, Tamu Jadi Senang!

Ganti spons atau sikat

Dikutip dari The Kitchn, coba ganti spons atau sikat yang biasa Anda gunakan dengan spons atau sikat baru, terutama jika spons atau sikat tersebut sudah cukup lama digunakan.

Jika memungkinkan, Anda dapat memilih spons atau sikat dengan kualitas yang lebih baik, misalnya daya tahan yang lebih tinggi atau bulu sikat yang lebih kuat. Hal ini akan membantu Anda membersihkan piring dengan lebih efektif.

Gunakan dispenser sabun

Membeli sabun cuci piring berukuran besar memang menguntungkan, tapi kurang praktis karena Anda harus berkali-kali mengambil botol besar untuk menuangkan sabun ke spons.

Dilansir dari Bobvila, Anda bisa mencoba menggunakan dispenser sabun atau botol pump yang bisa ditekan untuk membantu mengeluarkan sabun dengan lebih cepat. Anda pun tak perlu khawatir botol sabun jatuh karena terlepas dari tangan Anda yang licin saat mencuci.

 

Rendam atau bilas piring terlebih dulu

Jika Anda tidak berencana untuk langsung mencuci piring, selalu rendam atau bilas piring-piring yang kotor terlebih dahulu.

Mengapa? Sebab, hal ini dapat menghindarkan Anda dari kotoran atau sisa makanan yang menempel dan mengeras. Dengan merendam piring, sisa makanan tersebut akan mudah terlepas dan memudahkan Anda saat mencuci piring nantinya.

Baca Juga: Rumah Anda Mudah Berdebu? Ini Beberapa Penyebabnya

Cuci benda yang paling bersih dulu

Ketika akan mencuci piring, usahakan untuk mencuci benda yang terlihat paling bersih dulu, misalnya gelas atau piring yang hanya terkena sedikit minyak.

Setelah itu, barulah cuci piring atau alat masak yang lebih kotor. Dengan menggunakan cara tersebut, Anda tidak akan “menyebarkan” sisa kotoran dan minyak ke piring atau gelas yang lebih bersih, sehingga mempercepat proses mencuci piring.

Cuci berdasarkan jenisnya sekaligus

Melansir Hellonest, cobalah untuk mencuci piring berdasarkan jenisnya secara sekaligus. Misalnya, Anda dapat mencuci seluruh gelas terlebih dahulu, lalu mencuci piring dan mangkuk.

Cara ini dapat membantu Anda mengatur cucian yang sudah bersih di rak piring. Ketika Anda sudah mencuci dan meletakkan suatu jenis benda di rak piring (misalnya gelas atau piring), mengatur jenis cucian yang lain akan terasa lebih mudah karena Anda tidak harus membongkar-pasang benda-benda lainnya.

Itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mencuci piring dengan lebih cepat saat Ramadan. Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Kania Paramahita

Terbaru