6 Cara Mengusir Kecoa, Bisa Pakai Bahan Alami, Lho

Kamis, 06 Januari 2022 | 11:07 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Cara Mengusir Kecoa, Bisa Pakai Bahan Alami, Lho

ILUSTRASI. Anda bisa memakai bahan alami sebagai cara mengusir kecoa.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Ada banyak orang yang merasa jijik dengan kehadiran kecoa. Tak hanya itu, kecoa juga bisa menyebarkan banyak penyakit sehingga kemunculannya perlu Anda hilangkan. Anda tidak perlu bingung karena ada banyak cara mengusir kecoa yang bisa Anda coba.

Biasanya, kecoa menyerang lingkungan rumah Anda yang kurang bersih. Misalnya, piring kotor yang menumpuk dan tidak segera dicuci, sampah yang tidak dibuang, dan remah-remah makanan yang bercecer.

Maka dari itu, cobalah untuk menghindari penyebab-penyebab tersebut. Selain itu, Anda juga bisa mengusir kecoa dengan memanfaatkan bahan-bahan di sekitar Anda. Mulai dari asam borat, baking soda, dan lain sebagainya.

Asam Borat

Anda hanya perlu meletakkan asam borat di beberapa sudut rumah yang jadi sarang kecoa. Namun, Anda perlu berhati-hati karena asam borat bisa meracuni tubuh. Hindari memakai asam borat jika Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan.

Baca Juga: Pakai bahan alami dan mudah Anda temukan, ini 7 cara ampuh mengusir kecoa dari rumah

Peppermint Oil

Mengutip dari Livspace (livspace.com), peppermint oil bisa jadi salah satu cara mengusir kecoa yang efektif. Langkah yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah. Campurkan jenis essential oil itu dengan air garam lalu semprotkan pada beberapa bagian di sekitar rumah Anda.

Gula dan Baking Soda

Cara mengusir kecoa selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan memakai gula dan baking soda. Kombinasi bahan alami itu mampu mengusir kecoa secara efektif. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Anda hanya perlu menaburkan campuran baking soda dan gula di jalur yang biasa dilewati kecoa. Gula akan menarik perhatian kecoa sedangkan baking soda akan membunuh kecoa secara optimal.

Daun Salam

Daun salam bisa Anda manfaatkan sebagai cara mengusir kecoa.

Jika Anda mencari bahan alami untuk mengusir kecoa, cobalah untuk memilih daun salam. Anda hanya perlu meremukkan daun salam dan menaburkannya di beberapa titik rumah. Selain itu, cobalah untuk merebus daun salam kemudian semprotkan air rebusan itu di sarang kecoa.

Baca Juga: Yuk kenali tanaman yang ditakuti oleh ular

Pelembut Pakaian

Selain bahan-bahan di atas, Livspace juga merekomendasikan pelembut pakaian untuk membasmi kecoa. Meski bisa membunuh kecoa, tapi pelembut pakaian tidak cukup efektif untuk membasmi kecoa yang terlalu banyak di rumah Anda.

Caranya, campur pelembut pakaian dengan air lalu masukkan ke dalam botol. Semprotkan air tersebut pada kecoa yang hadir di rumah Anda. Dengan begitu, keberadaannya bisa hilang dari lingkungan tempat tinggal Anda.

Pakai Jasa Pembasmi Serangga

Apabila cara-cara di atas sudah Anda lakukan, tapi kecoa tetap muncul di lingkungan tempat tinggal, cobalah untuk memakai jasa pembasmi serangga. Biasanya, penyedia jasa pembasmi serangga menggunakan alat dan perlengkapan khusus yang bisa membantu Anda menghilangkan kecoa dari rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru