6 Cara mengusir tikus secara alami tanpa racun dan jebakan

Kamis, 18 November 2021 | 15:16 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
6 Cara mengusir tikus secara alami tanpa racun dan jebakan

ILUSTRASI. Tikus


KONTAN.CO.ID -Jakarta. Ada banyak cara mengusir tikus yang bisa dilakukan. Selama ini, tikus yang masuk ke dalam rumah merupakan permasalahan bagi banyak orang.

Hewan pengerat satu ini terkadang berukuran kecil dan tubuhnya fleksibel sehingga mampu menyusup melalui celah sempit. Mereka berkeliaran di dalam rumah untuk mencari makan maupun untuk berlindung.

Selain bisa membawa penyakit berbahaya, tikus juga bisa merusak rumah. Ini karena gigi mereka terus tumbuh, sehingga seringkali gemar menggerogoti kayu hingga kabel.

Lantas, bagaimana cara alami mengusir tikus?

Baca Juga: 6 Manfaat kopi hitam tanpa gula, efektif membakar lemak

Berikut ini 6 cara mengusir tikus sebagaimana dilansir dari Smith Pest Management:

1. Bersihkan semua sumber makanan tikus

Tikus hanya membutuhkan sedikit makanan setiap hari. Untuk menyingkirkan mereka di rumah Anda, singkirkan hal-hal yang mereka sukai untuk dimakan.

Simpan semua biji-bijian, makanan hewan peliharaan, dan barang kering lainnya dalam wadah kaca atau logam, yang menjaga keamanan makanan dari tikus.

Selain it, tutup sumber makanan potensial lain seperti tempat sampah. Gunakan tempat sampah yang tahan rusak, hindari meninggalkan makanan hewan peliharaan untuk waktu yang lama, dan segera bersihkan semua tumpahan makanan dan kotoran.

2. Singkirkan tempat bersarang

Pastikan tikus tidak akan menemukan tempat bersarang. Mereka menyukai area yang lembut seperti kain, permadani, dan selimut di pojokan. Menyingkirkan sumber sarang potensial mereka adalah cara mengusir tikus yang efektif.

Ingatlah bahwa tikus juga akan mengunyah kardus, kertas, atau plastik ringan untuk membuat sarang, jadi sebaiknya Anda segera membuang barang bekas daur ulang.

Baca Juga: Penyebab gula darah rendah dan gula darah tinggi, penting buat Anda kenali

3. Segel titik masuk

Saat suhu turun seperti saat hujan, tikus akan mencoba masuk ke dalam rumah. Blokir area masuk ke rumah dengan menggunakan alat penutup di lubang fondasi, dinding, dan pintu Anda.

Pasang kawat ke dalam lubang ventilasi untuk mencegah masuknya tanpa membatasi aliran udara. Hal itu merupakan cara alami mengusir tikus yang bisa dicoba.

4. Gunakan pengusir tikus alami

Tikus memiliki indra penciuman yang kuat, dan Anda dapat memanfaatkannya untuk menyingkirkannya. Cobalah cara mengusir tikus alami seperti minyak esensial.

Tikus membenci aroma minyak peppermint, cabai rawit, merica, dan cengkeh. Beli salah satu minyak esensial ini di toko makanan setempat, rendam beberapa bola kapas di dalamnya, dan letakkan di bagian rumah yang berpotensi disukai tikus.

Pasta gigi, pemutih, dan cuka juga bisa digunakan untuk mengusir tikus. Anda bisa gunakan sari apel dan air. Buat campuran cuka sari apel dan air. Masukkan ke dalam botol semprot dan semprotkan di sekeliling rumah Anda.

Baca Juga: Minuman soda bisa meningkatkan kadar asam urat, benarkah?

5. Pelihara kucing

Kucing adalah pencegah tikus yang paling efektif. Jika Anda dapat mengadopsi kucing untuk membantu mengurangi populasi tikus, lakukanlah. Cara mengusir tikus ini cukup efektif.

Jika Anda tinggal di tempat yang tidak mengizinkan kucing, cari teman yang memilikinya dan letakkan bak berisi bekas kotoran kucing di pintu masuk rumah Anda. Tikus biasanya akan menghindari tempat setelah mencium urin kucing.

6. Gunakan suara

Cara mengusir tikus yang terakhir adalah dengan alat pembuat suara ultrasonik yang bisa efektif untuk menjauhkan tikus dari rumah.

Perangkat pencegah tikus ini aman untuk anak-anak, hewan peliharaan, dan hewan lainnya. Alat ini mudah ditemukan dan dijual secara online. Itulah beberapa cara alami mengusir tikus yang bisa Anda coba di rumah.

Selanjutnya: Ini 5 Manfaat Tanaman Hias di Dalam Ruangan untuk Kesehatan Tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru