6 Khasiat daun binahong, mampu tingkatkan tekanan darah

Selasa, 30 November 2021 | 07:50 WIB   Penulis: Belladina Biananda
6 Khasiat daun binahong, mampu tingkatkan tekanan darah

ILUSTRASI. Dengan konsumsi rutin, Anda bisa mendapat banyak khasiat daun binahong.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu cara mengatasi berbagai jenis penyakit dan menjaga kesehatan tubuh Anda adalah dengan memanfaatkan daun binahong. Khasiat daun binahong berasal dari berbagai jenis nutrisi yang terkandung di dalamnya dan dibutuhkan tubuh Anda.

Mengutip dari Drhealthbenefits.com, daun binahong memiliki segudang nutrisi. Beberapa di antaranya adalah alkaloid, antioksidan, polifenol, asam askorbat, protein, flavonoid, dan lain sebagainya. meski mudah digunakan, jangan lupa untuk berdiskusi dengan dokter jika Anda ingin mengonsumsinya.

Berkonsultasi dengan dokter akan memudahkan Anda untuk mendapat dosis pemakaian yang tepat. Jangan terlalu banyak menggunakan bahan alami itu untuk menghindari risiko efek samping. Dengan pemakaian yang benar, manfaat-manfaat ini bisa Anda dapat.

Meningkatkan Tekanan Darah

Apakah Anda memiliki tekanan darah rendah? Jika iya, Drhealthbenefits.com merekomendasikan Anda untuk memakai daun binahong. Jika tekanan darah tak ada tingkatkan, bukan tidak mungkin kesehatan tubuh Anda semakin terganggu.

Misalnya, Anda semakin mudah merasa lelah, sering mengalami sakit kepala, hingga pingsan. Daun binahong dapat dijadikan solusi masalah itu karena mengandung banyak mineral. Pertama, rebus delapan lembar daun binahong dalam dua gelas air lalu minum air tersebut minimal sekali dalam sehari.

Baca Juga: Menurunkan tekanan darah, ini daftar khasiat daun bidara

Obat Ambeien

Jika Anda mencari obat ambeien, tak ada salahnya untuk memakai daun binahong. Caranya, rebus 16 lembar daun binahong dalam tiga gelas air. Setelah air berkurang hingga hanya tersisa satu gelas, diamkan beberapa saat supaya lebih dingin. Untuk mendapat hasil maksimal, usahakan untuk rutin meminumnya.

Mengobati Batuk

Obat batuk termasuk salah satu khasiat daun binahong.

Batuk adalah salah satu tanda bahwa tubuh Anda sedang melawan infeksi penyakit. Namun, bukan berarti Anda membiarkannya, ya. Salah satu cara untuk mengobati batuk adalah dengan memanfaatkan daun binahong.

Meredakan Nyeri Haid

Khasiat daun binahong yang pertama adalah bisa meredakan nyeri haid yang dialami oleh para wanita. Cara yang perlu Anda lakukan pun mudah. Pertama, rebus tiga lembar daun binahong dalam air. Setelah mendidih, diamkan sebentar, lalu minum air rebusan itu setiap hari.

Baca Juga: 5 Rekomendasi obat batuk kering dari bahan alami, apa saja?

Mengobati Luka

Luka yang tak teratasi dengan baik dapat meningkatkan risiko infeksi. Untuk menghindari hal itu, cobalah untuk memakai daun binahong. Antimikroba di daun binahong tak hanya efektif mencegah infeksi, tapi juga bisa mempercepat proses penyembuhan luka.

Menjaga Kesehatan Kulit

Salah satu khasiat daun binahong adalah menjaga kesehatan kulit.

Menjaga kesehatan kulit jadi khasiat daun binahong berikutnya yang dapat Anda rasakan. Selain mencegah tanda-tanda penuaan, bahan alami itu juga bisa dijadikan obat jerawat. Anda hanya perlu menumbuk daun binahong hingga halus, aplikasikan di kulit selama beberapa saat, lalu bilas dengan air.

Selanjutnya: 6 Cara mengobati gusi bengkak disertai nyeri, bahannya mudah didapat

Editor: Belladina Biananda
Terbaru