Menurunkan tekanan darah, ini daftar khasiat daun bidara

Jumat, 26 November 2021 | 06:58 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Menurunkan tekanan darah, ini daftar khasiat daun bidara

ILUSTRASI. Khasiat daun bidara baik untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berbagai macam khasiat daun bidara ternyata baik untuk kesehatan Anda, lho. Tentu saja hal itu disebabkan karena berbagai macam vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya. Dengan mengonsumsi bahan alami itu secara teratur, kesehatan tubuh dapat terjaga.

Mengutip dari Healthbenefitstimes.com, daun bidara mengandung banyak antioksidan. Kandungan itu mampu melawan serangan radikal bebas yang menyebabkan penyakit. Bahkan, antioksidan dalam daun bidara bisa mencegah pertumbuhan sel kanker.

Namun, masih diperlukan lebih banyak penelitian untuk benar-benar memastikan manfaat tersebut. Tidak hanya melawan serangan radikal bebas, masih banyak manfaat bidara yang berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

Menurunkan Berat Badan

Jika Anda ingin menurunkan berat badan, jangan lupa untuk memasukkan daun bidara pada menu diet sehat Anda. Daun bidara mengandung banyak protein dan serat serta sedikit kalori sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

Baca Juga: Simak 5 khasiat daun binahong ini, bisa jadi obat ambeien

Menurunkan Tekanan Darah

Khasiat daun bidara berguna sebagai obat hipertensi.

Jika Anda menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, cobalah untuk mengonsumsi daun bidara. Daun bidara memiliki banyak kalium dan vitamin B kompleks yang mampu menurunkan tekanan darah Anda ke batas normal.

Menambah Energi

Healthbenefitstimes.com menyebutkan bahwa daun bidara mampu menambah energi. Selain menambah energi, kandungan dalam daun bidara mampu mengurangi kelelahan karena bekerja pada sistem saraf secara efektif.

Meningkatkan Nafsu Makan

Menurunnya nafsu makan bisa terjadi karena banyak hal. Mulai dari kebiasaan makan yang sering berubah, penyakit yang tak Anda sadari, atau masalah kesehatan yang lain. Kondisi itu bisa berakibat fatal jika dibiarkan. Makanya, cobalah untuk meningkatkan nafsu makan dengan makan daun bidara.

Baca Juga: Bisa mengiritasi gusi, ini efek samping daun sirih untuk kesehatan

Mengurangi Stres

Salah satu khasiat daun bidara adalah mengurangi stres.

Selain melakukan hobi dan kegiatan relaksasi, stres juga bisa dikontrol dengan mengonsumsi daun bidara, lo. Manfaat daun bidara itu bisa Anda dapat saat memakainya dalam bentuk minyak. Aroma yang keluar akan membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks sehingga hormon stres pun dapat turun.

Membersihkan Pembuluh Darah

Daun bidara efektif membersihkan pembuluh darah Anda. Khasiat daun bidara itu berasal dari kandungan alkaloid dan saponin. Jenis antioksidan itu mampu membersihkan zat racun yang menumpuk di pembuluh darah. 

Artinya, risiko pembentukan plak yang dapat menyumbat aliran darah pun dapat dicegah. Dengan begitu, tubuh Anda akan terhindar dari berbagai jenis penyakit karena pembuluh darah bisa bekerja secara lebih maksimal.

Selanjutnya: IDC AMSI 2021: Perlindungan Data Pribadi adalah Prioritas!

Editor: Belladina Biananda
Terbaru