6 Tips jitu membuat CV yang menarik untuk melamar kerja buat fresh graduate

Selasa, 26 Oktober 2021 | 15:51 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
6 Tips jitu membuat CV yang menarik untuk melamar kerja buat fresh graduate

ILUSTRASI. 6 Tips jitu membuat CV yang menarik untuk melamar kerja buat fresh graduate


MENCARI KERJA -  Jakarta. Mahasiswa yang barus aja lulus atau fresh graduate, ada tips-tips jitu dalam membuat CV yang bisa Anda coba. 

Curriculum Vitae atau daftar riwayat hidup bisa dikatakan sebagai "tiket" untuk melamar pekerjaan. Bagian personalia perusahaan akan melakukan penilaian pertama dari CV pelamar.

Karenanya penting untuk membuat CV yang menarik namun tetap memperhatikan detail dan kebenaran informasi.

Untuk mempermudah membuat daftar riwayat hidup, saat ini sudah banyak website yang bisa digunakan untuk membuat CV secara online dan gratis. 

Baca Juga: 164 Instansi ini bakal umumkan hasil tes SKD CPNS 2021 tahap 1, simak daftarnya

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbud Ristek membagikan tips membuat CV terutama untuk fresh graduate melalui akun Instagram-nya.

Apa saja tips tentang cara membuat CV yang menarik? Mari simak informasi berikut ini.

  • Perhatikan tata letak informasi

Saat membuat CV jangan lupa perhatikan tata letak informasi yang dicantumkan. Bagian personalia atau HRD biasanya akan membaca mulai dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah. 

Karenanya, pastikan semua informasi penting dicantumkan pada bagian kiri atas. Cantumkan nama hingga keterangan pendidikan dan informasi seperti magang hingga organisasi di bagian yang mudah dibaca.

  • Menggunakan foto formal

Tidak sedikit contoh CV yang baik mencantumkan foto dari pelamar. Biasanya foto tersebut diletakkan di bagian atas CV.

Jika ingin mencantumkan foto pada CV, gunakan foto yang formal. Pilih foto yang profesional dan menarik. Hindari menggunakan foto dengan gaya bebas seperti selfie atau foto dengan banyak orang. 

Foto yang tidak formal membuat daftar riwayat hidup Anda menjadi terkesan tidak formal meskipun terlihat menarik.

Baca Juga: Daftar Prakerja Gelombang 22? Ini tips unggah KTP agar tidak gagal daftar Prakerja

  • Tulis detail pendidikan dan pengalaman

Untuk fresh graduate, mungkin belum memiliki banyak pengalaman kerja. Ganti pengalaman kerja dengan pengalaman organisasi. 

Cantumkan posisi yang cukup strategis agar bisa menunjang penilaian Anda. Tulis nama universitas beserta jurusan dan IPK Anda. 

Jika pernah menerima beasiswa, sebaiknya dicantumkan dalam CV. Jangan lupa tulis deskripsi pengalaman magang atau organisasi semenarik mungkin agar pihak perusahaan tertarik merekrut Anda.

  • Tulis keterampilan dengan jujur

Jangan pernah melebih-lebihkan keterampilan saat membuat CV. Gunakan metode Situation, Task, Action, Result (STAR) saat menulis CV. 

Tulis keterampilan Anda dengan rinci dan jelas agar HRD mudah membacanya. Kaitkan dengan hasil atau result yang Anda capai di beberapa tahun terakhir.

Jika memang posisi yang Anda lamar tidak sesuai dengan keterampilan, jangan mengarang agar bisa diterima. 

Menulis informasi tidak benar akan membuat Anda kesulitan saat bekerja dan merugikan baik perusahaan maupun diri Anda sendiri.

  • Menggunakan bahasa yang baik dan benar

Terkadang lulusan baru bingung saat membuat CV harus menggunakan bahasa Indonesia atau Inggris. 

Sebenarnya, penggunaan bahasa bisa disesuaikan dengan instansi yang dilamar. Jika perusahaan tersebut membutuhkan keahlian bahasa Inggris, gunakan CV berbahasa Inggris. 

Yang terpenting adalah menulis CV dengan bahasa yang baik dan santun. Perhatikan ejaan dan tata bahasa agar mudah dibaca HRD.

  • Buat sesuai instansi yang dilamar

Sebelum membuat CV, ada baiknya Anda melakukan riset pada instansi yang dilamar. Perhatikan detail dan tugas dari posisi yang Anda lamar. 

Riset sederhana ini membantu Anda saat membuat CV. Tulis informasi yang berkaitan dengan instansi dan posisi yang akan Anda lamar. 

Selanjutnya: Cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 22 serta persyaratannya, buruan daftar!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru