6 Tips menghindari pakaian bau apek saat musim hujan, mudah!

Rabu, 17 November 2021 | 07:15 WIB   Reporter: Kania Paramahita
6 Tips menghindari pakaian bau apek saat musim hujan, mudah!

KONTAN.CO.ID - Salah satu masalah utama yang datang saat musim hujan adalah pakaian yang lembap dan berbau apek saat dijemur.

Saat musim hujan, matahari tidak bersinar terik seperti biasanya. Akibatnya, pakaian yang baru dicuci akan sulit kering sehingga terasa lembap dan berbau apek. Jika dibiarkan, hal ini dapat menimbulkan jamur pada pakaian dan merugikan Anda.

Nah, kira-kira apa saja yang bisa dilakukan untuk menghindari bau apek pada pakaian saat musim hujan? Dilansir dari Informa, AsiaOne, dan Super Savvy Me, berikut tipsnya.

Baca Juga: Begini strategi Mandom Indonesia (TCID) kembangkan bisnis pada tahun depan

Perhatikan kebersihan pakaian dan penggunaan mesin cuci

Pakaian yang kurang bersih dapat menyebabkan bau apek yang tidak sedap. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan deterjen secukupnya untuk menghindari residu deterjen yang berlebih pada pakaian. Gunakan juga pelembut dan pewangi pakaian untuk mencegah pakaian cepat apek.

Saat mencuci, Anda bisa menggunakan fungsi dryer atau pengering di dalam mesin cuci supaya pakaian cepat kering saat dijemur. Supaya mesin cuci tidak lembap, buka pintu mesin cuci dan lap bagian dalamnya, lalu biarkan mesin cuci terbuka hingga kering setiap kali selesai mencuci.

Baca Juga: Bakal terdampak La Nina, begini strategi Pemprov DKI Jakarta antisipasi banjir

Segera jemur pakaian setelah selesai dicuci

Pakaian yang baru selesai dicuci umumnya akan terasa lembap, baik menggunakan fungsi pengering atau tidak. Untuk menghindari bau apek, sebaiknya Anda segera menjemur pakaian setelah selesai dicuci dan tidak meninggalkannya berlama-lama di dalam mesin cuci.

Selain itu, pakaian yang ditinggal terlalu lama di mesin cuci juga dapat memicu tumbuhnya jamur atau lumut di dalam mesin cuci, sehingga dapat mengganggu kinerja mesin itu sendiri.

Baca Juga: Harga saham ITMG terus melorot, analis rekomendasi beli, ini alasannya

Beri jarak antarpakaian saat dijemur

Sirkulasi udara yang lancar sangat berpengaruh pada saat menjemur pakaian, baik di dalam maupun di luar ruangan. Untuk memaksimalkan sirkulasi udara ini, beri jarak yang renggang di antara pakaian saat menjemurnya.

Jika menjemur pakaian di tempat terbuka, pastikan Anda menjemur di tempat yang berangin supaya pakaian cepat kering dan tidak apek. Jika terpaksa harus menjemur di dalam ruangan, pastikan sirkulasi udara di dalam ruangan tersebut lancar.

Baca Juga: Hati-Hati, 5 Tempat Ini Bisa Jadi Sarang Nyamuk di Rumah

Manfaatkan kipas angin dan hair dryer

Untuk menghindari bau apek dan mengeringkan pakaian dengan lebih cepat, Anda bisa menggunakan alat seperti kipas angin atau hair dryer.

Gantungkan pakaian seperti biasa, lalu arahkan kipas angin atau hair dryer pada bagian pakaian yang belum kering. Jangan lupa untuk memperhatikan penggunaan listrik supaya tidak terlalu boros.

Setrika pakaian hingga kering

Setelah pakaian selesai dijemur, selanjutnya Anda perlu menyetrika pakaian untuk menghaluskan kerutan dan membuatnya ekstra kering.

Supaya pakaian tetap wangi, gunakan cairan pewangi dan pelicin pakaian kesukaan Anda, lalu setrika pakaian seperti biasa. Pastikan pakaian kering sempurna.

Baca Juga: 12 Negara lolos ke Piala Dunia 2022 Qatar, Belanda susul Inggris, Brasil, Jerman dll

Simpan pakaian di lemari yang kering

Terakhir, simpan pakaian yang sudah kering di dalam lemari yang kering supaya tidak lembap dan apek.

Untuk mengurangi kelembapan dan bau tidak sedap, Anda bisa menggunakan penyerap kelembapan atau kapur barus. Gunakan secukupnya dan pastikan tidak mengenai pakaian.

Nah, itulah cara-cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pakaian berbau apek saat musim hujan. Bagaimana, mudah kan? Selamat mencoba!

Selanjutnya: Hindari Pakaian Ketat, Pahami 5 Penyebab Warna Kulit Ketiak Lebih Gelap

Editor: Kania Paramahita
Terbaru