7 Cara menurunkan kolesterol secara alami

Kamis, 22 Juli 2021 | 05:10 WIB Sumber: Kompas.com
7 Cara menurunkan kolesterol secara alami

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Kenali cara cepat menurunkan kolesterol secara alami. Cara iniĀ  penting agar kolesterol tidak menumpuk di dalam tubuh sehingga bisa mencegah berbagai penyakit berbahaya seperti jantung.

Salah satu cara cepat menurunkan kolesterol secara alami adalah konsumsi sejumlah makanan tertentu. Simak beberapa daftar makanan yang bisa menurunkan kolesterol jahat dalam darah.

Memiliki kadar kolesterol tinggi telah dikaitkan dengan berbagai risiko penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Oleh sebab itu, kadar kolesterol jahat harus dikontrol selagi meningkatkan kadar kolesterol baik.

Dilansir dari Healthline dan Harvard Health Publishing, berikut adalah 7 cepat menurunkan kolesterol secara alami:

1. Kacang-kacangan

Cara pertama menurunkan kolesterol jahat dalam darah secara alami adalah konsumsi kacang-kacangan. Kacang-kacangan merupakan produk nabati yang mengandung banyak serat, mineral, dan protein. Salah satu manfaatnya adalah menurunkan risiko penyakit jantung.

Sebuah tinjauan terhadap 26 penelitian terkontrol secara acak menunjukkan bahwa makan 100 gram kacang-kacangan per hari efektif untuk menurunkan kolesterol jahat.

Baca juga: Kolesterol naik? Air rebusan akar manis bisa membantu menurunkan kolesterol tinggi

2. Alpukat

Cara kedua menurunkan kolesterol jahat dalam darah secara alami adalah konsumsi alpukat. Alpukat merupakan buah yang kaya nutrisi dan sumber lemak serta serat tak jenuh tunggal yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa dengan obesitas dan memiliki kolesterol tinggi yang mengonsumsi satu buah alpukat setiap hari mampu menurunkan kadar kolesterolnya secara signifikan.

3. Ikan berlemak

Cara ketiga menurunkan kolesterol jahat dalam darah secara alami adalah konsumsi ikan berlemak. Ikan berlemak, seperti salmon dan mackerel, merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk kesehatan.

Omega-3 dapat meningkatkan kesehatan jantung dengan menambah jumlah kolesterol baik serta menurunkan risiko peradangan. Ingat, cara paling sehat untuk memasak ikan adalah dengan mengukus dan merebus. Ikan yang digoreng justru dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Simak cara menurunkan kolesterol secara alami di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto
Terbaru