CLOSE [X]

7 Kegiatan yang bisa menambah kecerdasan otak anak, simak apa saja

Senin, 22 November 2021 | 16:06 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
7 Kegiatan yang bisa menambah kecerdasan otak anak, simak apa saja

ILUSTRASI. 7 Kegiatan yang bisa menambah kecerdasan otak anak, simak apa saja. ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/ed/ama/13.


KONTAN.CO.ID -Jakarta.  Sebenarnya ada banyak kegiatan sederhana yang bisa diterapkan untuk menambah kecerdasan anak.  

Melatih kemampuan otak penting untuk dilakukan setiap orang baik anak-anak maupun orang dewasa. Melatih otak secara teratur bisa menjaga kesehatan otak dan memori hingga menambah kecerdasan.

Anda tidak perlu melakukan kebiasaan-kebiasaan yang membutuhkan waktu hingga tenaga dan uang yang banyak untuk melatih pikiran.

Ada beberapa kebiasaan sederhana yang bisa Anda terapkan untuk meningkatkan kecerdasan otak berikut ini yang dirangkum dari www.healthline.com.

Baca Juga: Fresh graduate cari kerja? Ada lowongan di Bank BCA yang bisa dicoba, ini syaratnya

  • Olahraga

Kegiatan fisik seperti olahraga rutin bisa meningkatkan kemampuan otak. Bagian hipokampus pada otak akan meningkat dengan olahraga rutin. bagian ini bertugas pada penyimpanan memori jangka panjang. 

Volume hipokampus meningkat dengan melakukan olahraga secara rutin. Jika volume bagian ini meningkat, kapasitas untuk menerima materi juga lebih banyak. 

Artinya kemampuan untuk menerima materi baru menjadi lebih banyak sehingga mudah untuk belajar materi baru.

Olahraga seperti senam, berjalan, hingga yoga bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak. Selain bagus untuk kecerdasan, olahraga rutin juga membuat tubuh lebih bugar.

  • Bermain alat musik

Selain olah fisik, alat musik juga bisa membantu meningkatkan kemampuan otak bahkan di empat aspek sekaligus.

Hal ini disebabkan saat bermain alat musik kita akan membutuhkan empat kemampuan sekaligus yaitu kemampuan mendengar, koordinasi fisik, pengenalan pola dan ingatan.

Dengan bermain alat musik, secara otomatis kemampuan otak menjadi terasah dan meningkat. Bermain alat musik bisa membantu meningkatkan fungsi kognitif dan saraf.

  • Membaca buku

Membaca buku selalu menjadi cara yag paling mudah untuk meningkatkan kecerdasan dan banyak diterapkan hingga saat ini. 

Kegiatan ini membantu meningkatkan kemampuan setiap bagian di otak serta saraf yang ada di dalamnya. 

Luangkan waktu untuk membaca buku apapun. Anda bisa memulainya dengan membaca buku kesukaan atau buku dengan tema yang ringan.

Baca Juga: 8 Sekolah kedinasan di Indonesia yang bisa jadi pilihan melanjutkan pendidikan

  • Bermain game asah otak

Cara yang asik meningkatkan kecerdasan otak adalah dengan bermain game. Anda bisa membeli mainan khusus untuk mengasah otak atau bermain game secara online.

Ada banyak permainan asah otak yang bisa diunduh gratis di ponsel. Tapi jangan terlalu sering bermain hingga lupa dengan kegiatan penting lainnya ya.

  • Belajar hal-hal baru

Belajar hal baru bisa meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Anda tidak perlu memilih materi yang sulit, materi sederhana tapi baru bisa sangat membantu. 

Materi dari Podcast, pelatihan daring, hingga hobi baru bisa membantu meningkatkan kecerdasan.

Baca Juga: Jangan panik, ini cara mencegah ular masuk ke rumah saat musim hujan

  • Istirahat yang cukup

Tidur merupakan kebutuhan primer makhluk hidup khususnya manusia. Sayangnya masih banyak masyarakat yang menyepelekan durasi istirahat.

Tubuh dan otak membutuhkan istirahat agar kemampuannya tetap terjaga. Karenanya, pastikan Anda sudah memenuhi kebutuhan tidur setiap harinya. 

Tidur mengoptimalisasikan kemampuan otak. Saat kita tidur, otak akan bekerja mengumpulkan dan menyusun ingatan. 

  • Minum dan makanan bergizi

Cara meningkatkan kecerdasan otak selanjutnya adalah kebiasaan makan yang sehat. Makan dan minuman yang bergizi seimbang membantu otak memenuhi kebutuhan nutrisinya. 

Kopi dan teh hijau merupakan pilihan minuman yang baik untuk otak. Kandungan kafein dalam kopi bisa meningkatkan energi dan konsentrasi. Sedangkan teh hijau bisa membantu meningkatkan kemampuan mengingat seseorang.

Omega 3 dan vitamin K sangat penting untuk kesehatan otak. Omega 3 terkenal baik untuk meningkatkan kemampuan otak. Sedangkan vitamin K membantu meremajakan sel-sel otak dan kemampuan kognitif.

Selanjutnya: BUMN holding asuransi dan penjaminan buka lowongan kerja besar-besaran, ini infonya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru