9 Cara Mengatasi Asam Lambung Kambuh, Secara Alami & Pakai Obat

Senin, 12 Desember 2022 | 08:38 WIB Sumber: Kompas.com
9 Cara Mengatasi Asam Lambung Kambuh, Secara Alami & Pakai Obat

ILUSTRASI. Salah satu obat asam lambung adalah antasida yang berfungsi membantu menetralkan asam lambung


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Asam lambung kambuh bisa menyebabkan heartburn. Untuk mengatasi asam lambung yang kambuh, sebagian orang minum obat. Namun ada juga cara alami mengatasi asam lambung naik.

Heartburn atau sensasi panas di dada bisa menjadi salah satu ciri-ciri gejala asam lambung naik. Kondisi ini bisa dipicu oleh berbagai hal, salah satunya karena mengonsumsi makanan tertentu, seperti makanan pedas, berlemak, dan asam.

Asam lambung kambuh yang terjadi beberapa kali dalam seminggu bisa merupakan tanda Gastroesophageal Reflux Disease (Gerd). Asam lambung naik dan heartburn bisa terasa sangat tidak nyaman.

Ketika asam lambung kambuh, apa yang harus dilakukan? Bagaimana cara mengatasi asam lambung secara alami atau menggunakan obat?

Menurut laman Healthline, setidaknya ada sembilan hal yang bisa dipratikkan untuk mengatasi heartburn ketika asam lambung kambuh, di antaranya:

 

1. Mengangkat tubuh bagian atas

Berbaring dapat memperburuk gejala heartburn. Jadi, jika asam lambung kambuh jelang waktu tidur, cara mengatasinya adalah menyesuaikan permukaan tempat tidur dan membuat tubuh bagian atas terangkat.

Menurut Mayo Clinic, mengangkat kepala dengan bantal ekstra saja tidak cukup. Tujuan yang harus dicapai adalah mengangkat tubuh dari pinggang ke atas, sehingga cobalah mengubah posisi tempat tidur. Misalnya dengan memberi ganjalan di bawah tempat tidur agar bagian dari pinggang ke atas dapat sedikit terangkat.

Baca Juga: 5 Menu Sarapan yang Baik Dikonsumsi oleh Penderita Asam Lambung

2. Minum campuran soda kue dan air

Jika sudah melakukan perubahan postur namun gejala heartburn masih membuat tidak nyaman, cobalah mengatasi asam lambung dengan mengonsumsi campuran soda kue dan air. Campuran soda kue dan air dapat menetralkan asam lambung.

Untuk melakukannya, larutkan satu sendok teh soda kue di dalam segelas air kemudian minum secara perlahan. Tak hanya untuk minuman ini, namun minumlah segala sesuatu dengan perlahan adalah hal penting jika kita mengalami heartburn.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru