9 Cara mengusir tokek di rumah secara alami

Senin, 22 November 2021 | 14:02 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
9 Cara mengusir tokek di rumah secara alami

ILUSTRASI. Tokek. Animalpicturearchive


TIPS & TRIK - Jakarta. Kehadiran tokek di rumah memang bermanfaat sebagai predator serangga, meski terkadang hewan ini juga bisa jadi hama. Sebenarnya ada beberapa cara mengusir tokek di rumah.

Dengan bentuk menyerupai cicak namun dengan ukuran lebih besar, beberapa orang kurang memang nyaman dengan suara tokek yang keras. Belum lagi kotoran hewan ini kadang mengotori sudut rumah. 

Cara mengusir tokek di rumah

Berikut ini cara mengusir tokek di rumah secara alami seperti dilansir dari Pest Wiki.

1. Sediakan kapur barus

Kapur barus memang bukan bahan mematikan buat tokek, namun baunya membuat hewan ini merasa sangat tidak nyaman.  

Cara mengendalikan tokek dengan metode ini adalah bisa meletakkan kapur barus di bawah lemari es, kompor, dan wastafel. 

2. Bawang putih

Cara mengusir tokek di rumah adalah menggunakan bawang putih. Bawang putih adalah salah satu penolak terkuat hewan yang tidak diharapkan di rumah. 

Oleh karena itu, Anda dapat menempatkan beberapa siung bawang putih di pintu masuk rumah Anda, sehingga Anda dapat menjauhkan tokek.

Baca Juga: 5 Hewan Reptil yang Aman Dipelihara di Rumah

3. Semprotan lada

Lada juga bisa digunakan sebagai salah satu cara mengusir tokek di rumah. Sama seperti manusia, tokek juga mengalami iritasi akibat semprotan merica atau lada. 

Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda bisa mencampurkan beberapa cabai dengan air yang dicampuir lada dan menyemprotkannya di sekitar rumah Anda. 

4. Mengurangi populasi serangga

Populasi serangga dapat dianggap sebagai salah satu alasan utama tokek berada dalam rumah. Dengan mengontrol populasi serangga, secara tidak langsung bisa jadi cara mengusir tokek di rumah.

Pasang kawat kasa di beberapa lubang ventilasi sehingga bisa menghalangi serangga masuk tanpa harus menutup lubang angin. Setelah Anda melakukan pengendalian serangga, populasi tokek Anda di dalam rumah secara otomatis akan berkurang.

Baca Juga: Leopard Gecko, tokek kuning nan menawan (1)

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru