Alasan Penting Mencuci Beras, Begini Cara Mencuci Beras dengan Benar

Senin, 20 Desember 2021 | 12:23 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Alasan Penting Mencuci Beras, Begini Cara Mencuci Beras dengan Benar

ILUSTRASI. Ilustrasi air beras. 


KONTAN.CO.ID - Nasi merupakan makanan pokok masyarakat Indonesia yang terbuat dari beras. Sebelum dapat dimakan atau menjadi nasi beras melalui beberapa tahapan, salah satunya beras harus dicuci dahulu.

Dalam mencuci beras adalah beberapa hal yang harus diperhatikan. Pasalnya jika tidak dilakukan dengan benar, kotoran atau bakteri akan menempel pada nasi yang akan kita konsumsi.

Hal tersebut berpotensi menimbulkan penyakit dan tidak baik bagi kesehatan tubuh. Umumnya jika beras tidak dicuci dengan benar, akan muncul sakit perut atau diare serta nasi cenderung tidak terlalu enak untuk dimakan.

Baca Juga: Seblak terenak di Bandung, Ini rekomendasinya

Dilansir dari Realsimple, Ada beberapa alasan pentingnya mencuci beras sebelum dimasak menjadi nasi. 

Pertama, beras melewati beberapa tahapan mulai dari saat panen di sawah, lalu dijual ke pasar atau mini market baru sampai di rumah. Selama perjalanan tersebut beras sangat berpotensi dekontaminasi oleh bakteri atau penyakit, oleh karena itulah pentingnya mencuci beras dengan bersih adalah untuk menghilangkan bakteri yang menempel pada butiran beras.

Kedua, selain untuk kebersihan beras, mencuci beras juga dilakukan untuk meng-hidrasi beras sehingga beras menyerap air. Hal tersebut membuat akan cepat matang saat dimasak.

Alasan ketiga mencuci beras adalah agar nanti nasi tidak lengket dan membuat nasi menjadi lebih enak. Pasalnya, jika beras tidak dicuci butiran beras masih dilapisi oleh lapisan sari tepung yang akan berpengaruh saat beras sudah dimasak.

Baca Juga: Mau staycation saat libur Nataru? Ini rekomendasi hotel unik di Bandung

Cara mencuci beras dengan benar

Umumnya, indikator beras sudah bersih adalah air yang digunakan sudah bening tidak berwarna putih seperti susu. Melansir Realsimpe terdapat dua cara mencuci beras dengan benar. 

Metode pertama yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan saringan. Taruh beras di saringan tersebut lalu alirkan air dingin atau hangat sampai beras bersih. 

Lalu bagaimana caranya melihat beras sudah bersih? Bisa gunakan gelas bening untuk melihat kejernihan air yang digunakan untuk mencuci beras.

Cara kedua adalah dengan menggunakan mangkuk. Metode ini juga terbilang mudah, pasalnya hanya tinggal memasukkan beras ke dalam mangkuk yang diisi air secukupnya. 

Baca Juga: 5 Tips meredakan sakit haid tanpa minum obat

Setelah itu, aduk beras dengan jari hingga bersih. Jika air yang digunakan sudah terlihat kotor, ganti air dan aduk ulang beras tersebut. 

Itulah cara mencuci beras dengan benar. Kedua cara tersebut terbilang mudah dan bisa dilakukan agar terhindar dari penyakit serta menambah kualitas nasi yang akan dimakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru