Apa Arti Kata Typo dalam Bahasa Gaul? Kenali Penyebab dan Jenis Kesalahan Ketik

Jumat, 01 Desember 2023 | 09:12 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Apa Arti Kata Typo dalam Bahasa Gaul? Kenali Penyebab dan Jenis Kesalahan Ketik

ILUSTRASI. Apa Arti Kata Typo dalam Bahasa Gaul? Kenali Penyebab dan Jenis Kesalahan Ketik. REUTERS/Kacper Pempel/File Photo


INTERNET - JAKARTA. Kata Typo kerap muncul sebagai bahasa gaul di beberapa platform media sosial. Typo merupakan kependekan dari typographical error atau kesalahan cetak, yang mengacu pada kesalahan pengetikan atau cetak.

Dalam bahasan internet, typo sering kali merujuk pada kesalahan penulisan atau pengetikan yang terjadi saat seseorang mengetik di dunia maya.

Melansir dari Language Humanities, penyebab typo dapat bervariasi dan dipengaruhi oleh berbagai faktor, baik dari sisi pengetikan maupun sisi pemahaman bahasa.

Namun, perlu dicatat bahwa penelitian tentang penyebab typo mungkin tidak sekomprehensif pada setiap kasus, karena faktor dapat bersifat subjektif dan tergantung pada individu.

Baca Juga: Apa Arti Kata Effort dalam Bahasa Gaul dan Percintaan, Pahami Penggunaannya

Penyebab seseorang typo apa saja?

Ilustrasi mengetik di keyboard

Berikut adalah beberapa penyebab umum typo berdasarkan penelitian dan pengamatan:

  • Kecepatan Mengetik: Penelitian menunjukkan bahwa kecepatan mengetik yang tinggi dapat meningkatkan kemungkinan terjadinya typo. Ketika seseorang mengetik dengan cepat, otak dan jari mungkin tidak selalu sinkron, menyebabkan kesalahan pengetikan.
  • Kecelakaan Jari: Beberapa typo terjadi karena jari-jari yang mengenai tombol yang salah di papan ketik. Ini bisa disebabkan oleh ukuran atau susunan papan ketik, serta kecepatan gerakan jari.
  • Kognisi dan Pemahaman Bahasa: Tingkat pemahaman bahasa dan kognisi seseorang dapat berpengaruh pada kemampuan seseorang untuk mengetik dengan benar. Orang dengan pemahaman bahasa yang kurang baik atau keterampilan kognitif yang terbatas mungkin lebih rentan terhadap typo.
  • Situasi Stres: Stres dapat mempengaruhi konsentrasi dan koordinasi antara otak dan gerakan fisik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa tingkat stres yang tinggi dapat meningkatkan kemungkinan kesalahan pengetikan.
  • Faktor Usia: Penelitian telah menunjukkan bahwa kemampuan motorik dan koordinasi antara mata dan tangan dapat berkurang seiring bertambahnya usia. Ini dapat meningkatkan risiko typo, terutama pada populasi yang lebih tua.

Dari faktor di atas, typo juga dibagi menjadi beberapa jenis yang kerap muncul dalam sebuah tulisan.

Baca Juga: Arti CMIIW, WDYM, TBH, dan 52 Singkatan Chat dalam Bahasa Inggris Lainnya

Jenis-jenis typo

Kesalahan pengetikan atau typo yang umum melibatkan kesalahan dalam mengetik huruf, kata, atau kalimat. Berikut adalah beberapa jenis typo yang sering terjadi:

1. Typo Huruf

Kesalahan yang melibatkan penggunaan huruf yang salah, baik karena kesalahan pengetikan atau karena letak huruf yang berdekatan di papan ketik.

Sebagai contoh, typo huruf berdekatan akan membuat pembaca menjadi bingung seperti kata "Pohon" menjadi "Pohin".

2. Typo Kata

Kesalahan pengetikan yang menghasilkan kata yang berbeda dari yang dimaksud, sering kali karena huruf yang tertukar atau tertinggal.

Type kata ini bisa timbul karena beberapa huruf vokal maupun non vokal tidak masuk ke dalam teks. Contoh seperti "Matematik" yang seharusnya "Matematika".

3. Typo Spasi atau Jeda

Kesalahan dalam penempatan spasi antara kata-kata, yang dapat mengubah makna kalimat. Pembaca tentu memerlukan jeda nafas antar kata yang bisa menimbulkan makna yang berbeda.

Sebagai contoh seperti kata "therapist" menjadi kata "the rapist" yang tentu memiliki perbedaan makna.

4. Typo Kalimat

Kesalahan dalam susunan kata atau sintaksis kalimat yang dapat membuatnya sulit dipahami. Sebagai contoh, penggunaan strukstur kalimat SPOK tanpa Predikat bisa menjadi makna yang sulit dipahami.

5. Typo Gaya dan Format

Kesalahan dalam penggunaan tanda baca, kapitalisasi, atau format lainnya yang dapat mempengaruhi makna atau tampilan teks.

Penggunaan tanda baca atau jeda dalam sebuah gabungan kalimat bisa mengubah makna.

Sebagai contoh, kalimat "Jangan membalas budi, karena belum tentu Budi yang melakukannya". Anda bisa mengganti Nama Budi sebagai "dia" untuk mendapatkan makna terkait balas budi.

Cara cek typo secara online

Bagi Anda yang ingin mengecek kesalahan pengetikan dalam format Bahasa Indonesia, cek rekomendasi laman berikut.

  • Kunjungi laman https://cek-typo.lektur.id/ pada browser.
  • Salin dan tempel paragraf dokumen ke kolom.
  • Klik Cek.
  • Hasil pengecekan typo akan muncul.
  • Anda bisa mengecek kembali setiap kata dan kalimat tersebut sudah bebas dari typo.

Itulah informasi terkait pengertian typo dan jenis-jenisnya yang bisa menjadi referensi penggunaan bahasa gaul di internet.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru