Apa Itu Insecure? Ini 6 Tanda Kamu Pribadi Insecure, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

Jumat, 05 Januari 2024 | 14:57 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Apa Itu Insecure? Ini 6 Tanda Kamu Pribadi Insecure, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

ILUSTRASI. Insecure


Tanda-Tanda Insecure - Insecure adalah kata yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Namun, apa itu insecure

Insecure adalah suatu kepribadian yang berupa rasa tidak percaya diri sehingga seseorang akan merasa cemas, gelisah, dan takut dalam menghadapi atau melakukan sesuatu.  

Seseorang yang insecure biasanya akan sulit untuk berinteraksi dengan orang lain bahkan selalu ingin menghindari interaksi sosial. 

Lalu, apa saja tanda kamu termasuk pribadi insecure, penyebab insecure, dan bagaimana cara mengatasi insecure?

Baca Juga: Apa Arti Inner Child dalam Bahasa Gaul? Ini Tanda Inner Child Terluka dan Penyebabnya  

Penyebab insecure 


Penyebab Insecure dan Cara Mengatasi Insecure

Rasa insencure yang muncul biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Dirangkum dari laman Gramedia, berikut adalah penyebab insecure:

1. Lingkungan yang kurang memberikan kasih sayang

Lingkungan yang kurang memberikan kasih sayang juga bisa menjadi penyebab insecure. Pasalnya, lingkungan yang baik akan menghasilkan interaksi sosial yang baik juga. 

Kasih sayang yang bisa diperoleh bukan hanya kasih sayang yang berasal dari keluarga, tetapi kasih sayang yang berasal dari lingkungan pendidikan dan masyarakat perlu dirasakan oleh setiap orang supaya tidak ada seseorang yang insecure.

Baca Juga: Ada 6 Tanda Pasangan Anda Siap Menikah, Apa Saja? Ini Daftarnya

2. Sering mendapatkan kegagalan atau penolakan

Jika seseorang sudah sering mendapatkan kegagalan atau penolakan kemungkinan bisa menyebabkan munculnya insecure di dalam dirinya. 

Hal ini dikarenakan setiap keinginannya tidak pernah terwujud dan merasa semua yang dilakukan sia-sia.

3. Dipandang sebelah mata oleh orang lain

Dipandang sebelah mata oleh orang lain juga bisa menjadi penyebab insecure. Hal seperti inilah yang menyebabkan seseorang insecure menjauhi kegiatan interaksi sosial.

4. Semua hal ingin diselesaikan dengan sempurna

Seseorang yang memiliki sifat perfeksionis juga bisa merasa insecure jika tidak bisa melakukan sesuatu seperti yang diharapkan. Jika sudah muncul rasa insecure maka akan timbul rasa kecewa bahkan sampai menyalahkan diri sendiri.

Baca Juga: Ceritanya Selalu Sad Ending, Ini Penjelasan Genre Film Angst

5. Menerima perundungan atau bullying

Perundungan di masa kanak-kanak bisa berdampak pada psikologis korban. Perundungan ini juga bisa menjadi penyebab munculnya insecure

Pasalnya, perundungan dapat membuat korban menjadi takut bertemu dengan teman-temannya bahkan dalam waktu jangka panjang mereka (korban perundungan) bisa mengalami insecure dan sulit untuk menjalin hubungan dengan orang lain.

Tanda kamu termasuk pribadi insecure

Setelah mengetahui beberapa penyebab insecure, maka berikut sejumlah tanda apakah kamu termasuk pribadi insecure seperti dirangkum dari laman Psychology Today

1. Suka mencari kekurangan orang lain

Salah satu tanda insecure adalah suka mencari kekurangan orang lain agar merasa lebih baik. 

Selain itu, biasanya seseorang yang insecure juga bisa membuat orang-orang di sekelilingnya tidak nyaman karena dia suka merendahkan atau mencari kekurangan orang lain. 

Baca Juga: Cara Hilangkan Perasaan Insecure Berlebihan yang Dirasakan saat Dewasa

2. Menunjukkan pencapaian secara berlebihan 

Rasa ingin menunjukkan setiap pencapaian secara berlebihan juga menjadi salah satu tanda insecure. Hal ini dilakukan agar seseorang selalu terlihat hebat di mata orang lain.

Selain itu, biasanya seseorang yang insecure juga secara berlebihan menunjukkan gaya hidup mereka, capaian pendidikan mereka, atau prestasi anak-anak mereka. 

Meski demikian, seseorang dengan kepercayaan diri yang tinggi juga seringkali melakukan hal yang sama. 

3. Sering melakukan humblebrag

Humblebrag adalah kesombongan yang disamarkan sebagai pernyataan yang merendahkan diri sendiri. Biasanya, humblebrag disebut sebagai perilaku merendah untuk meninggi. 

Salah satu contohnya adalah seseorang yang mengatakan bahwa dia merasa lelah setelah perjalanan liburan dari luar negeri. "Duh, akhirnya bisa rebahan di rumah. Capek banget habis liburan seminggu di Jepang,". 

Baca Juga: Punya Payudara Kendur? Ini 5 Jenis Bra Terbaik untuk Payudara Kendur
 
4. Selalu menyalahkan diri sendiri 

Selalu menyalahkan diri sendiri juga bisa menjadi tanda insecure. Adanya rasa bersalah terhadap diri sendiri ini menjadi salah satu gejala munculnya rasa insecure.

Gejala seperti ini bisa dilihat ketika ada seseorang yang menginginkan untuk mencapai sesuatu, tetapi semua keinginan itu harus sirna sehingga orang tersebut merasa bersalah dan merasa semua usaha yang telah dilakukan menjadi sia-sia. 

5. Memiliki rasa percaya ke orang lain yang rendah

Biasanya rasa percaya terhadap orang lain yang dimiliki oleh seseorang yang insecure sangat kecil. 

Tidak jarang mereka juga memiliki rasa curiga yang berlebih sehingga untuk mempunyai hubungan yang baik dengan orang lain dibutuhkan usaha yang lebih besar.

Jika seseorang yang mengalami insecure diberikan sebuah informasi yang benar (sesuai kenyataan) maka orang tersebut tidak akan langsung percaya. Hal itu dikarenakan, informasi yang diberikan dianggap informasi yang tidak benar.

6. Merasa tidak mampu dalam melakukan sesuatu

Seseorang yang insecure juga seringkali membandingkan diri mereka dengan orang-orang yang berhasil. Hal ini menimbulkan rasa tidak mampu dalam melakukan sesuatu dalam diri seseorang yang insecure

Padahal seperti ini sangat tidak baik karena bisa membuat seseorang lupa apa artinya bersyukur.

Baca Juga: Jangan Buru-Buru, Cari Tahu 6 Tanda Anda Siap Menikah di Sini

Cara mengatasi insecure

Nah, beberapa cara mengatasi insecure diantaranya adalah:

1. Sering mengucapkan terima kasih

Ucapan terima kasih dengan apa yang kita miliki sekarang. Pasalnya, dengan melakukan hal seperti ini akan membuat kita bersyukur dan mengurangi risiko insecure.

2. Membuang pikiran negatif

Harus percaya kepada diri sendiri dapat dilakukan dengan membuang pikiran-pikiran negatif yang ada di dalam diri sendiri. Membuang pikiran negatif dan menggantinya dengan pikiran positif bisa meningkatkan rasa percaya diri.

3. Mengevaluasi hubungan

Jika kita menjalin sebuah hubungan baik itu pertemanan, kekasih, keluarga, dan lain-lain sebaiknya dievaluasi secara berkala. Hal ini dikarenakan supaya kita bisa tahu apakah hubungan yang terjalin memberikan dampak buruk atau tidak.

Baca Juga: 7 Penyebab Perut Cepat Lapar yang Harus Anda Tahu, Kurang Tidur hingga Stres

4. Mengubah perilaku

Mengubah perilaku sangat penting untuk dilakukan karena bisa meningkatkan rasa percaya diri dan mengurangi rasa insecure.

5. Membuka diri terhadap hubungan dan lingkungan baru

Membuka diri kepada orang-orang dan lingkungan baru bisa mengurangi risiko insecure. Dengan orang-orang baru yang dikenal maka akan memudahkan diri sendiri untuk berinteraksi sosial. Sedangkan lingkungan baru akan membuat kita menemukan hal-hal yang baru juga.

Demikian penjelasan mengenai apa itu insecure, penyebab insecure, dan cara mengatasi insecure

Selanjutnya: Adira Finance Catat Pembiayaan Baru Rp 41,6 Triliun di Tahun 2023

Menarik Dibaca: Hati-Hati Busuk, Ini Cara Memilih Telur yang Masih Bagus ala Titipku

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru