Asam Urat Kumat Sebabkan Radang Sendi, Coba Pengobatan ala Rumahan Ini

Jumat, 24 Juni 2022 | 08:33 WIB   Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie
Asam Urat Kumat Sebabkan Radang Sendi, Coba Pengobatan ala Rumahan Ini


KONTAN.CO.ID - Asam urat adalah bentuk radang sendi yang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan. Para penderita seringkali merasakan nyeri di jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut. 

Tidak ada obat untuk asam urat, jadi kombinasi obat-obatan dan pengobatan rumahan dapat membantu menjaga kadar asam urat dalam kondisi normal.

Asam urat terjadi ketika tubuh menumpuk terlalu banyak asam urat. Asam ini adalah produk sampingan dari saat tubuh memecah purin yang ditemukan dalam makanan.

Melakukan beberapa perubahan pola makan dapat membantu seseorang mengurangi kadar purin mereka dan kemungkinan terkena asam urat.

Pengobatan rumah untuk asam urat meliputi:

1. Perbanyak minum air putih

Ketika seseorang menderita asam urat, mereka dapat mengalami pembengkakan dan peradangan yang signifikan. Salah satu cara untuk mengurangi pembengkakan adalah dengan minum lebih banyak air.

Meningkatkan konsumsi cairan dapat memicu ginjal seseorang untuk melepaskan kelebihan cairan, yang dapat mengurangi pembengkakan pada penderita asam urat.

Baca Juga: Asam urat kambuh? Berikut terapi untuk mengatasi dan mengurangi siksaannya

Air adalah yang terbaik, tetapi cairan bening lainnya, seperti kaldu dan teh herbal juga merupakan pilihan yang baik. Orang harus menghindari alkohol dan soda, yang tinggi purin.

Namun, siapa pun dengan gagal jantung kongestif atau penyakit ginjal harus berbicara dengan dokter mereka sebelum meningkatkan asupan cairan mereka.

2. Mengompres es ke sendi yang nyeri

Mengompres dengan es yang dilapisi kain ke sendi dapat membantu mengurangi peradangan terkait asam urat.

Cobalah mengompres es yang dibungkus dengan handuk tipis selama 10-15 menit saat terjadi peradangan untuk membantu meredakan rasa sakit.

Jika asam urat mempengaruhi kaki, seseorang juga dapat menggunakan sebungkus sayuran beku yang ditutup dengan kain lap, karena ini dapat menutupi kaki dengan lebih mudah.

Baca Juga: Catat! Ini buah dan sayur yang bisa memicu asam urat naik

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru