Bagaimana agar hasil tes PCR atau antigen keluar di PeduliLindungi? Ini solusinya

Kamis, 21 Oktober 2021 | 14:49 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Bagaimana agar hasil tes PCR atau antigen keluar di PeduliLindungi? Ini solusinya

ILUSTRASI. Pengunjung memindai kode batang sertifikat vaksin COVID-19 menggunakan aplikasi PeduliLindungi saat berkunjung di Pantai Sanur, Denpasar, Bali, Kamis (30/9/2021). ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/rwa.


COVID-19 - Jakarta. Aplikasi PeduliLindungi dapat menunjukkan hasil PCR maupun antigen. Namun, tidak semua tes PCR maupun antigen bisa keluar pada aplikasi PeduliLindungi. 

Tujuan terintegrasinya di aplikasi PeduliLindungi untuk menjamin keaslian dan menghindari pemalsuan surat hasil laboratorium. 

Sebab, beberapa waktu lalu marak pemalsuan tes PCR maupun tes Antigen. Seperti diketahui, saat ini masyarakat memerlukan tes PCR atau tes antigen untuk sejumlah keperluan. 

Di antaranya sebagai syarat berpergian maupun mengikuti seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Lantas, bagaimana agar hasil tes PCR atau antigen keluar di PeduliLindungi? 

Baca Juga: Mau beli tiket kereta api? Siapkan NIK, syaratnya wajib

Cara cek hasil tes antigen/PCR di PeduliLindungi

Cara mengecek hasil tes PCR maupun antigen di laman maupun aplikasi PeduliLindungi pun cukup mudah. 

  • Pertama, Anda harus melakukan tes PCR atau antigen di fasilitas kesehatan yang bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan. 
  • Lalu, unduh atau buka aplikasi PeduliLindungi melalui Google Play Store atau App Store. Bisa juga membuka laman PeduliLindungi di alamat Pedulilindungi.id
  • Selanjutnya, jika Anda menggunakan aplikasi PeduliLindungi maka masuk ke menu utama aplikasi dan klik "Paspor Digital" di bawah peta. 
  • Kemudian, klik "Hasil Tes Covid-19" di bagian atas. 
  • Sementara, jika menggunakan laman PeduliLindungi, kunjungi cekmandiri.pedulilindungi.id. Lalu, masukkan NIK dan submit.

Baca Juga: Per 26 Oktober 2021 beli tiket kereta api wajib pakai NIK, ini ketentuan lengkapnya

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru