Berasal dari Bahan Alami, Coba 5 Pemutih Wajah Ini

Jumat, 17 Desember 2021 | 13:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Berasal dari Bahan Alami, Coba 5 Pemutih Wajah Ini

ILUSTRASI. Ada banyak bahan alami yang mudah ditemukan dan bisa dijadikan pemutih wajah.


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemutih wajah berguna untuk mencerahkan warna kulit. Dengan begitu, penampilan Anda menjadi lebih maksimal. Anda tidak perlu bingung karena ada banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai cara memutihkan wajah secara alami.

Beberapa orang mengalami hiperpigmentasi di mana warna kulit menjadi lebih gelap dan muncul beberapa noda hitam. Hal itu bisa Anda atasi dengan bahan alami karena kandungan di dalamnya berguna untuk mengontrol jumlah melanin di kulit.

Selain mencerahkan kulit, menggunakan bahan alami juga bermanfaat untuk mengatasi masalah kulit yang lain. Misalnya, garis halus, noda hitam, atau tanda penuaan lainnya. Ada banyak bahan alami yang mudah ditemukan dan diolah menjadi pemutih kulit.

Mulai dari yogurt, pepaya, jeruk, dan lain sebagainya. Namun, pastikan untuk tetap berkonsultasi dengan dokter kulit agar Anda tak mengalami efek samping yang tidak diinginkan. Apalagi bagi Anda yang memiliki tipe kulit sensitif.

Pepaya dan Pisang

Pemutih wajah juga bisa Anda buat dengan memanfaatkan pepaya, lo. Pertama, tumbuk pepaya dan pisang hingga halus. Jangan lupa untuk menambahkan madu, ya. Setelah teraduk rata, aplikasikan pada wajah selama 15 hingga 20 menit. Selanjutnya, bilas menggunakan air hangat.

Baca Juga: Anda cari pemutih wajah yang efektif? Pakai 5 bahan ini

Yogurt dan Tepung Gram

Pemutih wajah bisa dari yogurt dan bahan yang lain.

Tak hanya memberikan kegunaan saat dikonsumsi, manfaat yogurt juga bisa Anda rasakan saat menggunakannya secara langsung. Asam laktat yang terkandung dalam yogurt berguna sebagai pemutih alami. Efek tersebut bisa dimaksimalkan saat Anda mengombinasikannya dengan tepung gram.

Emedi Health (emedihealth.com) mengatakan bahwa bahan alami tersebut mampu melembabkan dan mengurangi produksi minyak berlebih. Caranya, campurkan yogurt dan tepung gram lalu oleskan pada wajah. Setelah didiamkan selama 30 menit, bilas dengan air.

Lidah Buaya

Lidah buaya bisa dijadikan pemutih wajah.

Selain bahan-bahan di atas, lidah buaya tidak boleh terlewat untuk dibuat sebagai pemutih wajah. Antiinflamasi dan kandungan lain dalam lidah buaya berguna untuk menstimulasi pergantian sel dan memperbaiki kerusakan jaringan.

Hasilnya, hiperpigmentasi bisa teratasi dengan baik. Cara yang perlu Anda lakukan cukup mudah, yaitu dengan mengaplikasikan gel lidah buaya pada wajah. Setelah didiamkan selama 15 hingga 20 menit, bilas menggunakan air.

Baca Juga: Coba cara memutihkan kulit dengan 9 bahan alami ini

Tomat

Memakai tomat juga efektif mencerahkan warna kulit Anda. Apalagi jika warna kulit kusam karena sering terkena paparan sinar matahari. Tomat cocok digunakan sebagai pencerah karena kandungan likopennya yang cukup tinggi.

Jeruk

Mengutip dari Emedi Health, vitamin C dalam jeruk berguna untuk mencerahkan kulit dan membuatnya menjadi lebih lembut. Selain mengonsumsi air jeruk, Anda juga bisa mendapat warna kulit yang lebih cerah dengan mengaplikasikan air jeruk secara langsung pada wajah Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru