Bisa Anda jadikan pilihan, ini 5 makanan untuk penderita asam urat

Senin, 18 Oktober 2021 | 20:45 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa Anda jadikan pilihan, ini 5 makanan untuk penderita asam urat

KONTAN.CO.ID - Jumlah asam urat dalam tubuh perlu Anda kontrol biar tidak menyebabkan masalah kesehatan yang lebih parah. Salah satu cara yang bisa Anda coba adalah dengan mengonsumsi makanan untuk penderita asam urat.

Sebelum mengetahui makanan apa saja yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin, Anda perlu mengetahui bahwa minum air putih adalah hal penting. Mengutip dari On Health, air putih akan membantu tubuh mengeluarkan asam urat yang menumpuk di tubuh.

Usahakan untuk minum 8 gelas air putih per hari, ya. Selain minum air putih, cobalah untuk mengonsumsi makanan di bawah ini. Jangan lupa pula untuk tetap rutin memeriksakan diri ke dokter supaya kondisi tubuh Anda terpantau.

Konsumsi buah

Makanan untuk penderita asam urat yang bisa Anda konsumsi adalah buah-buahan. Anda bisa mengonsumsi 5 porsi buah setiap hari. Untuk memaksimalkan efeknya, usahakan untuk tidak mengolahnya bersama dengan pemanis buatan, ya.

Baca Juga: 6 Makanan ini bisa Anda pakai sebagai obat asam lambung

Makanan berkarbohidrat

Makanan berkarbohidrat juga bisa mengatasi masalah yang muncul akibat asam urat tinggi, lo. Namun, usahakan untuk memilih karbohidrat yang sehat. Misalnya, karbohidrat yang berasal dari kentang, apel, popcorn tanpa pemanis, sayur, dan buah.

Buah ceri

Buah ceri jadi salah satu makanan untuk penderita asam urat

Buah ceri termasuk salah satu makanan untuk penderita asam urat yang tak boleh Anda lewatkan. Hasil penelitian menunjukkan, partisipan yang rutin makan buah ceri mengalami radang sendi akibat asam urat lebih sedikit daripada partisipan yang tidak mengonsumsi buah ceri secara teratur.

Anda bisa mengonsumsi buah ceri secara langsung atau mengonsumsi ekstraknya. Untuk lebih memastikan efek yang Anda terima, jangan ragu untuk mengonsultasikannya dulu dengan dokter. Apalagi, bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu.

Baca Juga: Selain gorengan, waspadai makanan penyebab kolesterol ini

Kopi

Kopi termasuk makanan untuk penderita asam urat.

Selain makanan-makanan di atas, On Health merekomendasikan kopi sebagai obat asam urat. Manfaat itu berasal dari kandungan kafein yang ada dalam kopi. Meski demikian, masih diperlukan lebih banyak penelitian lagi untuk benar-benar membuktikan hal tersebut.

Produk olahan susu rendah lemak

Jika Anda ingin mengonsumsi produk olahan susu, usahakan untuk mengonsumsi produk olahan susu rendah lemak, ya. Tak hanya baik untuk mengontrol jumlah asam urat, produk olahan susu juga dipenuhi dengan protein dan nutrisi lain yang baik untuk kesehatan tubuh Anda.

Selanjutnya: Tanpa obat, simak 12 cara mengobati asam urat secara alami

Editor: Belladina Biananda
Terbaru