Bisa Anda jajal, berikut 4 cara meningkatkan saturasi oksigen

Selasa, 16 November 2021 | 18:40 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa Anda jajal, berikut 4 cara meningkatkan saturasi oksigen


KONTAN.CO.ID - Bagi yang punya masalah pada sistem pernapasan, sesak napas adalah salah satu kondisi yang cukup sering Anda alami. Cara meningkatkan saturasi oksigen buka cuma memakai peralatan medis, lo.

Masih ada langkah-langkah lain yang bisa Anda lakukan supaya jumlah oksigen yang dapat ditampung sistem pernapasan meningkat. Anda tidak perlu khawatir karena cara yang disarankan dalam artikel ini cukup mudah untuk dilakukan.

Namun, bukan berarti Anda tidak perlu membicarakannya dengan dokter, ya. Usahakan untuk mendiskusikannya dulu ke dokter. Dengan begitu, langkah yang Anda lakukan bisa tepat dan tidak membahayakan kesehatan.

Tingkatkan aktivitas fisik

Melansir Hallmark Homecare, meningkatkan aktivitas fisik atau rajin olahraga adalah salah satu cara yang efektif melatih sistem pernapasan. Ada banyak jenis olahraga yang bisa Anda lakukan 30 menit sehari sebanyak 2-3 kali seminggu, contohnya, jalan kaki.

Baca Juga: Waspada akan disfungsi kognifitf pasca sembuh dari Covid-19

Minum air putih

Minum air putih bisa jadi cara meningkatkan saturasi oksigen.

Meningkatkan saturasi oksigen juga bisa Anda lakukan dengan menghindari tubuh yang kekurangan cairan atau dehidrasi, yaitu dengan minum banyak air putih. Di sisi lain, usahakan untuk menghindari beberapa jenis minuman yang justru memicu dehidrasi, seperti minuman beralkohol, kafein, atau garam.

Konsumsi jenis makanan tertentu

Cara lain yang disarankan Hallmark Homecare untuk menjaga sistem pernapasan Anda adalah dengan mengonsumsi jenis makanan tertentu. Pilihlah jenis makanan yang mengandung banyak antioksidan, misalnya, buah bluberi, kacang merah, buah stroberi.

Mengonsumsi makanan kaya antioksidan mampu meningkatkan efektivitas penggunaan oksigen dalam tubuh. Tidak berhenti sampai di situ, meningkatkan saturasi oksigen juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak, contohnya, kacang kedelai.

Baca Juga: Rekomendasi Kemenkes, ini cara menaikkan saturasi oksigen pasien Covid-19

Latih pernapasan

Latihan pernapasan termasuk cara meningkatkan saturasi oksigen.

Melakukan latihan pernapasan secara teratur juga salah satu cara yang cukup efektif untuk menjaga sistem pernapasan Anda. Untuk mendapat metode latihan pernapasan yang sesuai, jangan ragu untuk meminta saran dari dokter, ya.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk menjaga pernapasan. Jangan lupa untuk tetap minum obat yang disarankan dokter atau melakukan jenis pengobatan lain supaya kesehatan tubuh tidak memburuk.

Selanjutnya: Cek, inilah saturasi oksigen normal dan cara mengukurnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru