Bisa buat hilangkan ketombe rambut, simak 7 manfaat cuka apel ini

Minggu, 18 Juli 2021 | 18:40 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Bisa buat hilangkan ketombe rambut, simak 7 manfaat cuka apel ini


TIPS & TRIK - Cuka apel memiliki banyak sekali manfaat yang mungkin belum Anda ketahui. Manfaat dari cuka ini adalah penghilang ketombe pada rambut dan berbagai manfaat lainnya. 

Cuka apel, dikutip dari Very Well Health, memiliki kandungan berbagai macam asam, seperti asam asetat, asam laktat, asam sitrat, asam malat, dan bakteri baik. 

Kandungan tersebut bisa meningkatkan kesehatan, misalnya, mengontrol kadar gula darah dan pencegah kanker. 

Selain kesehatan dan kecantikan, Anda bisa menggunakan cuka apel untuk membersihkan barang hingga mengatasi bau badan. Berikut manfaat cuka apel lainnya yang dirangkum dari Lifehack:

  • Menghilangkan ketombe

Anda memiliki masalah ketombe yang membandel? Coba gunakan cuka apel agar masalah ketombe Anda berkurang. 

Cukup campurkan air dan cuka apel dengan rasio 2:1 (2 air dan 1 cuka apel). Gunakan larutan tersebut untuk membilas rambut dan kulit kepala. Rambut Anda akan lebih berkilau dan ketombe berkurang.

Baca Juga: Ini 9 jenis kecerdasan manusia, Anda masuk tipe mana?

  • Membunuh kutu di bulu hewan peliharaan

Selain pada manusia, manfaat cuka apel juga bisa dirasakan hewan peliharaan. Cuka apel bisa membantu membunuh kutu yang ada di bulu hewan. 

Karena tidak berbahaya, cuka apel bisa digunakan sebagai obat dalam maupun luar. Cukup campurkan satu sendok teh cuka apel pada minuman atau makanan hewan kesayangan. 

Atau, Anda juga bisa mengoleskan cuka apel di kulit hewan. Gunakan kapas agar mudah mengaplikasikan cuka tersebut. 

  • Memutihkan gigi dan menjaga kesehatan mulut

Cuka apel ternyata juga bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu berkumur menggunakan cuka apel yang sudah dicapur air setelah gosok gigi. 

Kandungan asam pada cuka apel juga membantu membunuh bakteri yang ada di mulut. Asam tersebut juga membantu menghilangkan plak gigi dan menyegarkan bau mulut. 

 

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru