CLOSE [X]

Bisa dari Bahan Alami, Coba 5 Obat Kutu Rambut Ini, Yuk

Kamis, 13 Januari 2022 | 11:34 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa dari Bahan Alami, Coba 5 Obat Kutu Rambut Ini, Yuk


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Supaya kesehatan rambut dan kulit kepala tak semakin terganggu, ada banyak obat kutu rambut yang bisa Anda jadikan pilihan. Selain produk-produk yang dijual di pasaran, Anda juga bisa memakai bahan-bahan alami, lho.

Kandungan dalam bahan alami efektif mencegah pertumbuhan kutu. Jika penyebaran kutu tak segera diatasi, benjolan merah di kulit kepala Anda akan semakin banyak dan rasa gatal bisa semakin parah. Maka dari itu, cobalah untuk memanfaatkan bahan-bahan di sekitar Anda.

Meski demikian, Anda perlu memerhatikan kondisi Anda setelah menggunakan bahan-bahan alami. Jika muncul reaksi alergi yang mengganggu, segera hentikan penggunaan. Anda pun perlu segera memeriksakan diri ke dokter jika kutu rambut tak kunjung hilang meski sudah memakai banyak bahan alami.

Tea Tree Oil

Tea tree oil juga bisa Anda manfaatkan sebagai obat kutu rambut, lo. Caranya, campur 1 sdt tea tree oil dengan 1 ons sampo alami dan 3 sdm minyak kelapa. Aplikasikan campuran itu pada kulit kepala dan rambut lalu tutup dengan shower cap selama 30 menit. Selanjutnya, bilas dengan air panas.

Baca Juga: 5 Bahan Alami Terbaik Sebagai Cara Menghilangkan Kutu Rambut

Kapur Barus dan Minyak Kelapa

India.com merekomendasikan kombinasi kapur barus dan minyak kelapa untuk membasmi kutu rambut. Pertama, Anda perlu mencampur 2 sdm minyak kelapa dan 1 sdm kapur barus yang sudah dihaluskan. Aduk hingga rata lalu aplikasikan pada rambut dan kulit kepala selama semalaman.

Untuk mendapat hasil yang maksimal, cobalah untuk melakukannya sebanyak tiga kali dalam seminggu. Antiparasit yang terkandung dalam kapur barus akan membunuh kutu rambut dan minyak kelapa akan memudahkan Anda untuk membersihkannya.

Minyak Zaitun

Gunakan minyak zaitun sebagai obat kutu rambut.

Selain bahan-bahan yang telah disebutkan, India.com mengatakan bahwa minyak zaitun juga bermanfaat untuk membasmi kutu rambut. Anda hanya perlu mengaplikasikan minyak zaitun ke seluruh kulit kepala dan rambut lalu tutup dengan shower cap semalaman. Di pagi hari, bersihkan kutu rambut yang telah mati.

Baca Juga: Tanpa ribet, begini 4 cara menghilangkan kutu rambut

Lemon

Tahukah Anda bahwa lemon bisa jadi pengusir kutu rambut? Anda perlu mencampur air perasan 2 buah lemon dengan 100 ml air terlebih dulu lalu aplikasikan pada kulit kepala. Pijat kulit kepala selama 5 menit sebelum Anda membilasnya dengan air.

Bawang Putih

Jika Anda mencari obat kutu rambut, maka bawang putih bisa jadi salah satu pilihannya. Bahan alami itu memiliki aroma yang kuat dan tidak disukai kutu rambut. Cara yang perlu Anda lakukan pun cukup mudah.

Caranya, tumbuk 10 butir bawang putih hingga benar-benar halus. Setelah itu, tambahkan air perasan jeruk nipis lalu aduk hingga rata. Aplikasikan campuran tersebut pada kulit kepala selama 30 menit lalu bilas dengan air panas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Belladina Biananda

Terbaru