Bisa kontrol gula darah, ini 5 manfaat garam himalaya untuk tubuh

Rabu, 15 September 2021 | 17:14 WIB   Penulis: Belladina Biananda
Bisa kontrol gula darah, ini 5 manfaat garam himalaya untuk tubuh

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat garam himalaya yang bisa Anda dapatkan? Garam himalaya adalah jenis garam murni dengan kandungan iodin yang tinggi. Meski kaya manfaat, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya dalam jumlah banyak, ya.

Tetap batasi konsumsi garam supaya kondisi kesehatan tubuh tak terganggu. Umumnya, orang dewasa membutuhkan 5 g garam per hari. Jika konsumsi garam terlalu banyak, bukan tidak mungkin Anda mengalami banyak masalah kesehatan. Misalnya, tekanan darah tinggi dan lain-lain.

Sama seperti garam biasa, Anda bisa menggunakan garam himalaya di berbagai jenis hidangan. Namun, tentu saja Anda perlu mengolah bahan-bahan alami dan garam himalaya dengan cara yang sehat.

Dengan begitu, nutrisi penting dalam garam himalaya tak hilang. Selain kaya iodin, garam himalaya juga dipenuhi dengan kalsium, kalium, magnesium, dan jenis mineral lain yang dibutuhkan tubuh supaya tetap sehat.

Baca Juga: Selain madu, coba 5 obat gusi berdarah lainnya, yuk

Mengontrol Gula Darah dan Hormon

Melansir NDTV Food (food.ndtv.com), garam himalaya berguna untuk mengontol keseimbangan mineral dan hormon dalam tubuh. Artinya, sensitivitas insulin pun dapat lebih baik sehingga jumlah gula darah tak melonjak dan risiko penyakit diabetes dapat Anda hindari.

Membersihkan Udara

Manfaat garam himalaya lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah membersihkan udara di sekitar Anda. Kandungan dalam garam himalaya mampu mengurangi kelembaban udara. Karena permukaannya yang hangat, air bisa menguap lebih cepat. Nah, penguapan itu yang dapat membersihkan udara di sekitar.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Mengonsumsi garam himalaya mampu meningkatkan produksi amilase di mulut yang efektif membantu pencernaan. Saat berada di lambung, garam himalaya bisa menstimulasi asam hidrokolat yang dapat membantu pencernaan makanan sehingga sistem pencernaan bisa bekerja secara optimal.

Baca Juga: 5 Pilihan obat kolesterol yang berasal dari bahan alami

Mengeluarkan Racun dari Tubuh

Membantu pengeluaran zat beracun dari tubuh jadi manfaat garam himalaya berikutnya yang bisa Anda dapatkan. Anda perlu mengisi ¼ bagian botol dengan garam himalaya lalu masukkan air ke botol tersebut hingga penuh. Kemudian, diamkan selama semalaman supaya garam larut.

Di pagi hari, campur 1 sdt air garam tersebut dalam segelas air. Rutin minum air campuran garam tak hanya mengoptimalkan keluarnya zat beracun dari tubuh. Manfaat lain yang bisa Anda dapat adalah energi bertambah. Dehidrasi pun dapat Anda hindari.

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat garam himalaya adalah menjaga kesehatan kulit.

NDTV Food mengatakan bahwa rutin mandi dengan air garam himalay baik untuk kesehatan kulit. Alasannya karena garam himalaya dipenuhi dengan kromium, zinc, sulfur, dan magnesium. Dengan pemakaian teratur, kulit menjadi lembut dan jerawat serta masalah kulit lain bisa sembuh.

Selanjutnya: 5 Makanan yang bisa Anda jadikan obat jantung koroner

Editor: Belladina Biananda
Terbaru