Cara cek NIK kartu Telkomsel, Indosat, XL, Tri, Axis, Smartfren

Selasa, 31 Agustus 2021 | 08:48 WIB Sumber: Kompas.com
Cara cek NIK kartu Telkomsel, Indosat, XL, Tri, Axis, Smartfren


TELEKOMUNIKASI - Jakarta. Simak cara cek Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar untuk registrasi nomor handphone (hp), baik menggunakan kartu Telkomsel, Indosat, Tri, XL dll. Cara cek NIK di kartu Telkomsel, Indosat, Tri, XL dll ini penting untuk mengetahui apakah NIK Anda terpakai oleh orang lain atau tidak.

Pelanggan operator seluler di Indonesia wajib mendaftarkan NIK apabila membeli/mengaktifkan nomor SIM card operator seluler. Tujuan registrasi NIK adalah untuk memberikan perlindungan pada masyarakat dari aneka penipuan yang biasa dilakukan baik via SMS atau telepon dan kejahatan lain, meminimalisir penyalahgunaan nomor, serta untuk menuju single identity number.

Nah, pengguna sejatinya bisa mengecek melalui ponselnya masing-masing, apakah NIK mereka sudah terdaftar di kartu SIM operator tertentu atau tidak. Salah satu manfaatnya adalah untuk mengetahui apakah NIK kita dipakai di nomor telepon yang tidak dikenal atau tidak.

Lantas bagaimana cara cek NIK yang terdaftar di operator seluler seperti Telkomsel, Indosat, Tri, XL dll?

Berikut adalah cara cek NIK yang terdaftar di kartu SIM operator-operator seluler di Indonesia, dikutip KompasTekno dari akun Instagram resmi Kementerian Kominfo.

Baca juga: Bantuan UMKM Rp 1,2 juta, begini cara cek dan pesan antrean secara online

Perlu dicatat, setiap operator seluler memiliki cara cek NIK yang terdaftar yang berbeda-beda. Simak selengkapnya berikut ini.

  • Cara cek NIK yang terdaftar di kartu Telkomsel: Telepon ke 188
  • Cara cek NIK yang terdaftar di kartu Indosat: Kunjungi https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor/index atau SMS ke 4444 dengan format INFO#NIK.
  • Cara cek NIK yang terdaftar di kartu XL Axiata: USSD dengan format *123*4444#
  • Cara cek NIK yang terdaftar di kartu Axis: Kunjungi https://axis.co.id/cek-nik
  • Cara cek NIK yang terdaftar di kartu Tri (3): SMS ke 4444 dengan format STATUS
  • Cara cek NIK yang terdaftar di kartu Smartfren: SMS ke 4444 dengan format CEK

Selain cara-cara di atas, pengguna juga bisa menghubungi customer service atau mengunjungi gerai resmi masing-masing operator untuk cek NIK dan berbagai hal terkait lainnya. Salah satu yang bisa dilakukan di gerai operator seluler adalah melakukan proses "UNREG" apabila NIK kita ternyata terdaftar di nomor ponsel orang lain, supaya tidak disalahgunakan untuk hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikianlah cara cek NIK yang terpakai untuk daftar kartu Telkomsel, Indosat, Tri, XL, Smartfren, Axis dll. Segera UNREG jika NIK Anda digunakan oleh kartu yang tidak dikenal.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Cek NIK yang Terdaftar di Kartu Telkomsel, XL, Indosat, Tri, Smartfren",


Penulis : Bill Clinten
Editor : Reska K. Nistanto

Selanjutnya: 2 Cara cek pengumuman kelolosan Kartu Prakerja gelombang 19 via prakerja.go.id & SMS

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Adi Wikanto

Terbaru